5 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat, Meringankan Pegal hingga Redakan Kecemasan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 16 Agustus 2022 14:12
5 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat, Meringankan Pegal hingga Redakan Kecemasan
Merendam kaki dengan air hangat bisa memberikan efek tenang dan rileks.

Dream – Setelah seharian menjalani berbagai aktivitas, sahabat Dream tentunya hanya ingin bisa beristirahat dengan merebahkan diri agar tubuh menjadi rileks. Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk membuat tubuhnya terasa nyaman seperti mandi air hangat, tidur, atau sekadar duduk-duduk santai di halaman rumah.

Jika bukan tiga cara bersantai di atas, mungkin Sahabat Dream termasuk kategori yang memilih merilekskan tubuh dengan merendam kaki di air hangat.

Meski hanya bagian kaki yang direndam, kenyamanan dari air hangat yang dirasakan bisa kamu rasakan ke seluruh tubuh. Bahkan kamu juga bisa sembari menonton, bermain HP, atau membaca buku.

Selain memberikan kenyamanan, manfaat merendam kaki dengan air hangat juga bagus dari sisi kesehatan. Baik itu untuk mengatasi pegal, melancarkan aliran darah, dan baik juga untuk kesehatan mental.

Daripada makin penasaran tentang apa saja manfaat merendam kaki dengan air hangat, berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui hellosehat.com.

1 dari 2 halaman

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat© Unsplash.com

Meringankan Pegal dan Nyeri Otot

Dalam menjalankan berbagai aktivitas, tentu saja hal ini melibatkan otot-otot di tubuh sahabat Dream. Tidak hanya aktivitas yang melibatkan fisik saja, bahkan pekerjaan yang hanya duduk di depan laptop dan mengetik saja bisa membuat pegal di tubuh. Oleh karena itu, kondisi pegal dan nyeri otot haruslah diatasi agar kamu bisa menjalani aktivitas lebih nyaman.

Nah, salah satu manfaat merendam kaki dengan air hangat adalah bisa meringankan pegal dan nyeri otot. Pegal yang kamu rasakan dikarenakan menumpuknya asam laktat dalam otot. Asam laktat sendiri adalah produk sisa yang terbentuk melalui proses pemecahan gula menjadi energi.

Saat asam laktat menumpuk, maka otot akan terasa nyeri. Oleh karena itu, dengan merendam kaki di air hangat bisa membuat aliran darah menjadi lancar dan asam laktat pun ikut terbawa. Setidaknya cara ini bisa membuat tubuh terasa nyaman dan menghangatkan.

Melancarkan Alirah Darah di Kaki

Normalnya, aliran darah di tubuh haruslah lancar, sehingga tubuh dalam kondisi yang sehat. Jika aliran darah tidak lancar, misalnya saja di bagian kaki, maka bisa menyebabkan terjadinya kram otot, nyeri yang cukup lama pada kaki dan rasanya seperti ditusuk-tusuk. Hal ini pun membuatmu tidak nyaman dan kesulitan melakukan aktivitas, terutama berjalan.

Bahkan, jika dibiarkan saja bisa terjadi pelebaran pembuluh darah atau disebut juga dengan varises. Agar aliran darah di kaki menjadi lancar, maka sahabat Dream bisa merendam kaki di air hangat. Efeknya, otot-otot akan mendapatkan oksigen serta asupan zat gizi yang membuatnya bisa bekerja secara maksimal. Sahabat Dream bisa mencobanya setelah pulang dari bekerja atau setelah beraktivitas ya.

2 dari 2 halaman

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat© Freepik.com

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat merendam kaki dengan air hangat berikutnya adalah bisa meningkatkan imunitas tubuh. Menyadari bahwa imunitas atau kekebalan tubuh sangatlah penting yang akan menjadi tameng bagi tubuh untuk melindungi dari serangan penyakit yang bisa datang dari mana saja. Oleh karena itu, imunitas tubuh haruslah dijaga dengan baik.

Merendam kaki dengan air hangat bisa memberikan efek rilek bagi tubuh dan pikiran. Hal ini bisa menghindarkan sahabat Dream dari stres. Selain itu, aliran getah bening juga menjadi lancar. Di mana getah bening ini membawa sel-sel darah putih aktif yang berfungsi untuk mencegah infeksi dan penyakit.

Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Manfaat merendam kaki dengan air hangat juga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Racun yang ada di tubuh bisa masuk melalui berbagai cara, baik melalui makanan yang dikonsumsi maupun dari polusi yang terhirup. Nah, untuk mengeluarkannya, maka merendam kaki di air hangat bisa menjadi solusi.

Jangan lupa juga untuk mencampurkan air hangat dengan garam Epsom yang berguna untuk mengeluarkan racun di tubuh. Selain garam Epsom, bisa juga menggunakan lempung bentonite dan mineral tertentu. Meski manfaat ini belum secara pasti, namun dengan merendam kaki di air hangat cukup efektif untuk membuatmu merasa lebih tenang.

Meredakan Kecemasan

Manfaat merendam kaki dengan air hangat selanjutnya adalah bisa meredakan kecemasan. Ya, merendam kaki dengan air hangat juga berdampak baik bagi kesehatan mental. Apalagi bagi seseorang yang memiliki kondisi kecemasan. Dalam sebuah studi melalui jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine membuktikan bahwa mandi dengan menggunakan air hangat bisa meredakan kecemasan.

Selain itu, ketika sahabat Dream mandi dengan air hangat juga bisa meredakan stress, amarah, gejala depresi, dan ketegangan sosial. Hal ini karena suhu hangat yang dihasilkan mampu memberikan pengaruh pada mekanisme saraf dan membuat pikiran serta tubuh menjadi lebih rileks. Meski penelitian ini berfokus pada mandi air hangat, namun bisa saja khasiat yang saja juga bisa dirasakan ketika merendam kaki di air hangat.

Beri Komentar