Produk Kosmetik Halal Malaysia Berkembang Pesat

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 4 Februari 2019 15:15
Produk Kosmetik Halal Malaysia Berkembang Pesat
Negara tetangga kita ini memiliki industri halal yang tumbuh pesat.

Dream – Bisnis halal di Malaysia benar-benar tengah menggeliat. Permohonan sertifikat halal di negeri jiran itu terus melonjak. Tak hanya terkait makanan, sertifikat halal juga jamak diminta oleh produk-produk perawatan diri, seperti kecantika.

Dikutip dari Arab News, Senin 4 Februari 2019, pada 2017, industri halal lokal Malaysia berkontribusi 7,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

“ Malaysia sekali lagi memimpin Indikator Ekonomi Syariah Global selama lima tahun berturut-turut,” kata Deputi Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi, dalam “ World Halal Week” pada akhir April 2018.

Hamidi mengatakan, capaian ini mencerminkan ekosistem ekonomi syariah yang kuat. “ Malaysia menikmati keunggulan substansial dalam keuangan syariah dan makanan halal,” kata dia.

Ekosistem ini, kata Hamidi, meliputi bank untuk menyediakan keuangan syariah, Departemen Kesehatan, dan Departemen Pengembangan Islam Malaysia (JAKIM) yang bertugas menetapkan standar sertifikasi halal, serta agen perdagangan seperti Matrade untuk menangani bisnis dan pemasaran.

Dalam praktiknya, produk halal harus bebas dari unsur-unsur halal. Misalnya, kosmetik bebas alkohol dan zat yang mengandung unsur haram.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Penyebab Perdana Menteri Papua Nugini Mundur