Ini yang Buat Warna Oli Berubah Jadi Hitam Setelah Lama Berkendara

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 4 Maret 2020 08:36
Ini yang Buat Warna Oli Berubah Jadi Hitam Setelah Lama Berkendara
Saat baru, warnanya tidaklah hitam.

Dream - Oli mesin yang masih baru biasanya berwarna kuning kecoklatan. Namun setelah pemakaian yang cukup lama, warna oli akan berubah menjadi hitam pekat.

Setiap pemilik kendaraan pasti sudah mengetahui perubahan warna ini. Kondisi tersebut menandakan oli harus sudah diganti.

Namun tahukah kamu mengapa oli yang sudah lama dipakai menjadi hitam? 

Mengutip laman Federal Oil, Rabu 3 Maret 2020, mesin yang sudah berisi cairan oli akan menimbulkan panas saat dinyalakan.

Proses pembakaran dan gesekan antar logam yang ada di dalam mesin membuatnya panas. Dalam jangka lama, panas dan gesekan itu membuat oli berubah warna dari kuning kecoklatan menjadi hitam.

Perubahan warna oli yang menjadi hitam pekat hal tersebut menandakan oli mampu bekerja secara maksimal.

Tak hanya membersihkan bagian mesin ke celah terkecil, oli juga bisa mendinginkan mesin.

1 dari 4 halaman

Hujan Bikin Mager ke Bengkel, Ini Cara Ganti Oli Motor di Rumah

Dream - Musim hujan seperti saat ini memang membuat kita malas ke luar rumah apalagi jika harus menggunakan motor. Meski oli sepeda motor sudah waktunya diganti, kita akan cenderung menundanya sampai rasa malas itu hilang.

Pergi ke bengkel untuk ganti oli kadang membuat mood menjadi buyar jika hujan turun. Daripada mesin motor kammu rontok karena mager ke bengkel, mengapa tak melakukannya sendiri di rumah.

Sebelum mulai melakukannya, pastikan kamu sudah membeli oli untuk tunggangan setiamu. 

 

© Dream



Mengutip laman Federal Oil, Selasa, 4 Februari 2020, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan oli yang sudah direkomendasikan untuk motor. Jika oli sudah disiapkan, selanjutnya kamu perlu mempersiapkan alat yang sesuai dengan kebutuhan.

Peralatan ini meliputi kunci pas sesuai dengan ukuran baut pembuangan oli pada motor. Kamu juga membutuhkan tang untuk membuka tutup lubang pengisian oli motor, wadah penampung oli bekas, dan corong untuk memasukkan oli baru.

2 dari 4 halaman

Waktunya Mengganti Oli

Setelah semua peralatan siap, mulai dengan membuka baut pembuangan oli dengan kunci yang sudah disiapkan tadi. Untuk membukanya, kamu cukup memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam. Untuk menutup, kamu cukup memutarnya searah jarum jam.

Kalau baut pembuangan oli sudah dibuka, biarkan oli yang ada di dalam mesin keluar semuanya. Kalau sudah keluar semua oli bekasnya, tutup kembali baut pembuangan pelumas.

Siapkan oli baru, buka tutup lubang pengisian oli, kemudian masukkan oli baru, bisa juga manfaatkan corong agar mudah memasukkan oli. Kalau oli baru sudah masuk, tutup kembali tutup lubang pengisian oli motornya.

3 dari 4 halaman

Ganti Oli Motor Korban Banjir Cuma Rp10 Ribu, di Sini Tempatnya

Dream - Tak hanya mobil dan rumah, sepeda motor juga terendam saat terjadi banjir di Jakarta dan sekitarnya. Banjir bisa berbahaya bagi motor karena air masuk ke mesin dan bisa merusaknya karena oli tercampur air.

Federal Oil turut meringankan beban pemotor yang terdampak bencana banjir. Perusahaan pelumas kendaraan itu memberikan promo ganti oli cuma Rp10 ribu melalui program #SolusiMotorSetelahBanjir.

“ Melalui program #SolusiMotor Setelah Banjir ini, semoga bisa mempermudah para pemotor untuk segera mengganti oli motornya, sehingga sepeda motornya bisa kembali digunakan dengan baik untuk beraktivitas,” kata Federal Oil Manager, Sri Adinegara, di Jakarta, dikutip dari laman perusahaan, Jumat 10 Januari 2020.

 

© Dream

 

Program ini dimulai sejak 8 sampai dengan 12 Januari 2020, konsumen cukup membayar paket ganti oli hanya sebesar 10 ribu di tujuh Super Federal Oil Center (SFOC) di area yang terdampak banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Berikut ini adalah tujuh lokasi SFOC yang dimaksud.

4 dari 4 halaman

Tujuh SFOC untuk Ganti Oli Rp10 Ribu

1.Jakarta

  • Adi Motor (Jalan Palmerah Barat No. 50, Jakarta Barat)
  • Angkasa Motor (Jalan Indraloka 2 No. 46 Jelambar, Grogol Petamburan
    Tangerang
  • New Rejeki Motor (Jalan Raden Saleh No. 15, Karang Tengah)
  • Harapan Jaya Motor (Jalan Haji Mencong No. 110)
  • Cendana Motor (Jalan Graha Raya Bintaro Raya, Ruko G1/3A)

2.Bekasi

  • Donna Motor (Jalan Kalibaru Timur, No. 20)
  • Serba Motor (Jalan Raya Hankam, Pondok Melati)
Beri Komentar