Mengintip Keseruan Dunia Metaverse IKN Jagat Nusantara yang Diresmikan Jokowi

Reporter : Shania Suha Marwan
Jumat, 28 Oktober 2022 19:36
Mengintip Keseruan Dunia Metaverse IKN Jagat Nusantara yang Diresmikan Jokowi
Presiden Indonesia, Joko Widodo turut meriahkan peluncuran platform Jagat, sebuah metaverse Nusantara

Dream - Memanfaatkan momentum Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dunia metaverse khusus Ibu Kota Nusantara (IKN) bernama Jagat Nusantara. Dengan menggunakan latar kawasan IKN, pengguna nantinya bisa beraktivitas secara virtual di ibu kota baru Indonesia itu. 

Pengembangan IKN versi virtual yang dibuat PT Avatara Jagat Nusantara sekaligus menjadi platform dunia virtual pertama di Indonesia yang terhubung dengan kota nyata IKN yang memiliki ketertarikannya tersendiri.  

Presiden Joko Widodo mengatakan etaverse IKN ini diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meraih peluang dan kesempatan berbagi ilmu dan bertemu dengan orang-orang hebat di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Tak lupa Presiden juga mengharapkan kehadiran Jagat Nusantara akan membuka kesempatan untuk memperkenalkan produk-produk kebanggaan Tanah Air ke dunia mancanegara.

Khusus kepada para seniman, presiden berharap metaverse IKN akan membuat pagelaran konser sampai pameran hasil kreasi bisa digelar secara virtual.

“ Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada sore hari ini, secara resmi saya luncurkan, Jagat Nusantara,” ucap Jokowi dalam peresmian Jagat Nusantara, di XXI Djakarta Theater, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022.  

 

1 dari 2 halaman

Melalui apikasi Jagat Nusantara ini pengunjung bisa melakukan berbagai hal, yang utamanya adalah interaksi sosial di dunia virtual. 

Saat sudah mendunduh aplikasi Jagat di smartphone atau membukanya di website, pengguna akan diminta untuk membuat avatar sesuai dengan karakternya masing-masing. Selanjutnya pengguna bisa berkumpul di Jagat Nusantara, dan melakukan interaksi dengan teman-teman di sana, ataupun masuk ke tempat lain.

Joko Widodo - Presiden Republik Indonesia© Foto: Shania Suha Marwan

Saat ini beberapa tempat yang sudah bisa didatangi antara lain, Istana Negara, Jagat Nusantara, Sociolla, dan Noice.

2 dari 2 halaman

Selain bertemu orang lain secara virtual, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk beragam aktivitas seperti menggelar rapat, pertemuan, nonton bareng, konser virtual, dan beragam kegiatan virtual lainnya. 

Jagat sendiri masih akan terus dikembangkan sesuai dengan masukan dari penggunanya, agar dapat membuat lebih banyak inovasi di dalam platformnya. 

© Foto: Shania Suha Marwan

“ Kami percaya Jagat akan menjadi next generation sosial media untuk kaum muda, sebuah platform berekspresi baru bagu semua orang, termasuk kreator, komunitas, dan brand,” jelas Barry Beagen, Co-Founder dan CEO Jagat.

Sementara Founding Chairman Jagat, Wishnutama Kusubandio berharap platform Jagat Nusantara nantinya bisa membantu lahirkan potensi ekonomi baru bagi masyarakat khususnya di bidang digital. 

Wishnutama Kusubandio© Foto: Shania Suha Marwan

“ Pada intinya Jagat Nusantara hadir untuk menjembatani gerakan potensi ekonomi digital dengan ekonomi real, jadi menggabungkan potensi ekonomi digital dengan ekenomi real, sehingga menciptakan ekonomi baru,” ujarnya.(Sah)

Beri Komentar