Sebelum Berangkat Umroh, Perhatikan Kiat-Kiat Berkemas Berikut

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 19 Januari 2019 13:00
Sebelum Berangkat Umroh, Perhatikan Kiat-Kiat Berkemas Berikut
Pastikan pakaian selalu bersih dan suci saat melakukan ibadah.

Dream - Perjalanan umroh menjadi salah satu penyempurna ibadah yang ingin dilakukan sebagian besar muslim di dunia. Selain beribadah, umroh kini juga menjadi wisata religi yang semakin banyak dilakukan masyarakat yang ingin merasakan kedamaian hati di Rumah Allah.

Menjalani umroh dalam waktu cukup lama tentu membutuhkan persiapan khusus. Selain bekal hati untuk menghabiskan waktu beribadah, salah satu yang tak boleh dilupakan adalah berkemas dengan praktis dan fungsional.

Kondisi iklim serta kebudayaan di Arab Saudi yang berbeda, tentu kamu harus melakukan persiapan tersendiri. 

Setelah urusan berkemas selesai, diharapkan kamu bisa berkonstrasi beribadah selama di Tanah Suci. Berikut ini tips berkemas praktis dan fungsional yang perlu kamu ketahui.

Membawa Sepatu atau Alas Kaki yang Nyaman

 shutterstock

Saat melakukan ibadah umroh, bawalah sandal jepit, flat shoes dan banyak kaus kaki. Beberapa tempat ibadah mengharuskan kamu melepas alas kaki seperti kala beribadah di Masjidil Haram menjalani Tawaf dan Sa'i.

Kamu bisa menggunakan kaos kaki untuk melindungi kaki dari cuaca dan juga bebatuan. Pastikan untuk selalu membawa sepatu yang mudah dimasukkan ke dalam tas. Sepatu bisa kamu pakai untuk mendaki Jabal An-Nur karena medannya yang agak terjal.

Membawa Baju yang Sopan dan Nyaman

 shutterstock

Berapa potong baju yang sebaiknya dibawa saat umroh? Disarankan untuk membawa agak banyak baju karena cuaca di Arab Saudi yang panas di musim kemarau dan dingin di musim  dingin.

Bawalah 4-5 potong gamis berbahan nyaman dan warna yang netral agar bisa menyatu dengan masyarakat lokal.

Biarpun nantinya lebih sering melakukan ibadah di dalam masjid, kamu juga akan berjalan cukup jauh ke Masjidil Haram, melakukan Tawaf hingga Sa'i. Jadi, pastikan pakaian selalu bersih dan suci saat melakukan ibadah.

Jangan Lupakan Syal/Kerudung

 shutterstock

Bawalah beberapa potong syal atau kerudung dengan bahan yang cepat menyerap keringat. Saat cuaca sedang panas, syal akan cepat basah dan butuh waktu lama untuk mengeringkannya.

Disarankan untuk membawa lebih dari lima syal untuk persediaan syal bersih saat beribadah. Pilih juga warna netral yang tidak mencolok ya. Lengkapi juga dengan inner agar keringat tidak langsung mengenai kerudung.

Perhatikan Kelengkapan Peralatan Mandi

 shutterstock

Saat menjalankan ibadah, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh dengan produk kelengkapan mandi yang biasa kamu pakai. Pasalnya, cuaca yang sangat panas di sana memaksa kamu untuk terus rajin membersihkan diri.

Rambut yang tertutup hijab pun juga wajib mendapatkan perhatian karena basah terkena keringat dan tertutup hijab seharian.

Salah satu kelengkapan peralatan mandi yang nggak boleh dilupakan untuk menjaga kenyamanan saat Umroh adalah shampoo. Pastikan shampoo yang kamu bawa telah diakui halal, punya beragam kandungan penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala selama Umroh, seperti New Wardah Shampoo.

 wardahbeauty

Foto: Instagram.com/WardahBeauty

New Wardah Shampoo hadir dengan varian terbaru yaitu Hair Fall Treatment, Anti Dandruff, Nutri Shine, dan Daily Fresh yang dapat membantu rambut tetap fit saat umroh. Shampoo ini cocok banget untuk menemani kegitan kamu selama umroh karena mengandung Scentlock Fragrance, teknologi yang membuat parfum Wardah Shampoo lebih tahan lama.

Biarpun panas-panasan seharian, rambutmu bisa tetap segar dan bebas lepek. Yakin nggak mau cobain?

 shutterstock

Kabar bahagia juga datang dari New Wardah Shampoo, lho. Karena kamu bisa banget umroh bareng ibu secara gratis! Cara gampang banget, yuk ikutan challenge #MomenBersamaIbu dengan membeli salah satu varian Wardah Shampoo yang paling kamu suka.

Jangan lupa simpan dan foto struknya lalu kirimkan ke Instagram @dreamcoid via DM. Selanjutnya, share fotomu bersama ibu dengan menceritakan Momen Terbaikmu bersama Ibu di Instagram.

Pastikan kamu sudah follow dan tag @wardahbeauty, @dreamcoid dilengkapi hashtag #MomenBersamaIbu #WardahShampoo di akhir caption.

Wah, jangan sampai kamu melewatkan momen ini ya! Segera ceritakan momen terbaikmu bersama ibu sebelum 22 Januari 2019 dan dapatkan hadiah umroh bareng.

Semoga beruntung!

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham