Tenun Ikat Jadi Identitas Baru Karyawan BCA

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 10 Juli 2018 10:11
Tenun Ikat Jadi Identitas Baru Karyawan BCA
BCA menggunakan tenun ikat sebagai bahan utama untuk desain seragam barunya.

Dream - Tenun ikat merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. Tak hanya para pelaku usaha, tenun ikat kini dijadikan identitas perusahaan.

Salah satunya, BCA. Bank swasta terbesar di Indonesia ini menggunakan tenun ikat sebagai bahan utama untuk desain seragam barunya.

Bank swasta yang berdiri tahun 1957 ini menggaet Didiet Maulana dari IKAT Indonesia untuk mengganti seragam karyawannya di seluruh Tanah Air.

" Selain menunjukkan identitas sebagai bank domestik, dengan tenun kami ingin memberikan makna lebih dalam dari sebuah seragam. Dengan desain itu, karyawan diharapkan bisa terdorong loyalitas, dedikasi dan kebangaannya," ujar Jahja Setiaatmadja, Presdir BCA, Jakarta Pusat, Senin 9 Juli 2018.

Seragam yang digunakan per 9 Juli 2018 ini, memakan proses selama dua tahun untuk mengawinkan kultur perusahaan dengan filosofi kain tenun, serta pemilihan warna maupun produksi.

seragam baru BCA

Foto: Cynthia Amanda Male/Dream

" Kami bekerja sama dengan lebih dari 500 workshop untuk memilih para pengrajin yang potensial. Lalu, dipilih sebanyak 2500 penenun asal Desa Troso, Jepara," tutur Didiet Maulana dari IKAT Indonesia.

Para pengrajin itu berhasil memproduksi 45.000 meter kain dalam 6-8 bulan untuk dipakai lebih dari 27.000 karyawan di seluruh Indonesia.

" Dari 45.000 meter kain itu, dijadikan lebih dari 80.000 seragam. Tiap karyawan menerima tiga pieces. Yang magang juga diharuskan. Dan setelah tiga tahun harus diproduksi lagi," kata Lianawaty Suwono, selaku Direktur BCA.

Seragam itu dibuat dengan motif cengkeh serta teknik mirroring. Warna biru dan kuning masih menjadi warna utama untuk menggambarkan identitas bank milik grup Djarum itu.

seragam baru BCA

Foto: Cynthia Amanda Male/Dream

" Setelah melalui tahap riset dan pembicaraan, saya membuat motifnya dengan bentuk cengkeh khas perusahaan. Melalui pewarnaan natural kami pakai warna biru serta kuning," ungkapnya.

Bukan hanya untuk kayawan, BCA juga ingin mengedukasi para nasabah tentang kain tenun lewat seragam baru.

" Desain ini bisa men-trigger nasabah untuk tahu tentang tenun. Karyawan juga diedukasi untuk mengerti apa yang dikenakan. Apa itu tenun dan bagaimana cara merawat atau mencucinya." 9ism) 

Beri Komentar