Tidak Cuma Sulit Kenyang, Ini Dampak Buruk Mengunyah Makanan Terlalu Cepat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 30 November 2022 06:48
Tidak Cuma Sulit Kenyang, Ini Dampak Buruk Mengunyah Makanan Terlalu Cepat
Bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Dream - Peningkatan berat badan tidak hanya disebabkan kurang aktivitas atau mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Kebiasaan kecil, seperti makan terlalu cepat, juga bisa menyebabkan peningkatan berat badan.

Makan terlalu cepat akan membuat kamu lebih sulit merasa kenyang. Hal itu diakui oleh Diet Coach, Velda Masli melalui Instagramnya.

" Ketika kita makan dengan cepat, kita cenderung konsumsi makanan lebih banyak dari kebutuhan tubuh. Jika dibiarkan terus menerus, kebiasaan ini yg akan bikin kita selalu over-eating & alhasil naik BB," ungkapnya.

1 dari 4 halaman

Makan© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Menurut Velda, normalnya, otak membutuhkan sekitar 20 menit untuk memproses sinyal kenyang. Jadi jika makan terus menerus tanpa jeda, otak akan lebih sulit mengirim sinyal kenyang dan membuatmu merasa lapar lebih lama.

2 dari 4 halaman

Tidak hanya peningkatan berat badan dan obesitas, kebiasaan tersebut juga menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin sendiri merupakan kondisi saat hormon insulin dari pankreas tidak bekerja dengan baik akibat lonjakan gula darah yang tinggi.

Lonjakan gula darah bisa disebabkan seringnya makanan masuk ke dalam tubuh. Jika mengalami resistensi insulin, kamu akan lebih sulit mengontrol rasa lapar dan kesulitan menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

Selain itu, kondisi pencernaan pun memburuk ketika mengunyah makanan terlalu cepat atau mengambil suapan besar. Pasalnya, pencernaanmu akan bekerja lebih keras untuk memproses makanan.

Sakit Perut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Hal ini bisa menyebabkan penyakit lambung. Kamu pun tidak akan puas menikmati makanan yang disantap setiap hari meski telah mendapatkan hidangan sesuai keinginan.

Kunyahlah makanan secara perlahan dan pastikan kamu benar-benar merasakan semua cita rasa makanannya agar lebih mudah merasa kenyang serta menjaga kesehatan tubuh maupun berat badan.

Beri Komentar