Angkat Budaya Kudus, Zelmira Tampilkan 'Luwur' di Vokasiland 2022

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 29 Juli 2022 12:14
Angkat Budaya Kudus, Zelmira Tampilkan 'Luwur' di Vokasiland 2022
Zelmira terinspirasi dari Luwur yang merupakan mengganti kelambu pembungkus nisan Sunan Kudus

Dream - Menyambut peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2022 yang jatuh pada 10 Agustus, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelar Vokasiland 2022 di Grand City Surabaya sejak 28 hingga 31 Juli 2022.

Vokasiland 2022 merupakan rangkaian kegiatan pameran produk inovasi dan teknologi dari satuan pendidikan vokasi seluruh Indonesia. Ada berbagai sekolah yang mengikuti acara ini, salah satunya dari SMK NU Banat Kudus.

Dalam pembukaan rangkaian Vokasiland 2022, SMK NU Banat yang merupakaan binaan dari Djarum Foundation menampilkan koleksi brand fashion Zelmira yang menampilkan 8 look. Tema yang diangkat adalah Luwur.

Zelmira© Dream.co.id

foto: Nur Ulfa/Dream

" Pada Vokasiland 2022 kami membawakan koleksi Luwur yang terinspirasi dari adat turun temurun dilakukan setahun sekali yaitu mengganti kelambu Sunan Kudus, " ujar Fatimah Azzahra salah satu tim desainer Zelmira, di Surabaya, Kamis 28 Juli 2022.

 

1 dari 2 halaman

Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kiki Yuliati, mengapresiasi karya siswi SMK NU Banat yang merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan (PK).

" Saya percaya siswa di Indonesia bisa menghasilkan karya yang mendunia seperti SMK NU Banat Kudus ini yang prestasinya memang sudah banyak sekali, baik di level nasional maupun internasional," tutur Kiki.

Kiki© Dream.co.id

foto: Nur Ulfa/Dream

Sementara itu, Program Officer Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Galuh Paskamagma, menuturkan, lahirnya karya-karya berkualitas dari tangan para siswi SMK NU Banat tak lepas dari Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ yang sudah dilaksanakan di sekolah dan dikuatkan melalui Teaching Factory yakni ‘Zelmira'.

“ Mahakarya ini merupakan hasil dari Merdeka Belajar, dengan adanya Merdeka Belajar siswi bebas untuk berkreativitas sesuai dengan permintaan pasar. Sehingga para siswi bisa menghasilkan karya-karya berkualitas," imbuh Galuh.

Zelmira© Dream.co.id

foto: Nur Ulfa/Dream

2 dari 2 halaman

Sebelum di Vokasiland, ternyata Zelmira sudah pernah tampil di MUFFEST+ 2022 dan Jogja Fashion Week 2021. Sudah laku lebih dari 200 pieces yang terjual secara online maupun offline.

" Koleksi kami telah banyak mendapat apresiasi positif. Kami berharap, melalui kesempatan berharga ini, brand Zelmira serta karya-karya kami dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas," imbuh Fatimah.

Zelmira© Dream.co.id

Selain SMK NU Banat Kudus, terdapat dua sekolah binaan Djarum Foundation lainnya yang turut berpartsipasi pada Vokasiland 2022. Dua SMK itu ialah SMK PGRI 1 Kudus (jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut) dan SMK Raden Umar Said Kudus (jurusan Animasi).

Dalam kegiatan yang beragendakan pameran produk teknologi, pameran karya siswa vokasi, talkshow, demo produk dari berbagai sekolah kejuruan ini, SMK PGRI 1 Kudus akan menyelenggarakan demo makeup karakter guna membagikan keterampilan yang dimiliki kepada para peserta demo dan juga pemberian kursus singkat tentang dunia animasi oleh para siswa SMK Raden Umar Said Kudus.

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More