MUFFEST+ 2024 Siap Tonjolkan Modest Fashion Indonesia ke Pasar Global

Reporter : Editor Dream.co.id
Rabu, 7 Agustus 2024 13:36
MUFFEST+ 2024 Siap Tonjolkan Modest Fashion Indonesia ke Pasar Global
MUFFEST+ kembali menggaungkan konsep sustainable yang telah dilakukan sejak tahun 2020.

Dream - Perhelatan fashion modest tahunan terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ akan digelar untuk kesembilan kalinya pada 8-11 Agustus 2024 besok di Istora Senayan Jakarta.

1 dari 15 halaman

© MUFFEST+ 2024 Siap Tunjukkan Modest Fashion Indonesia ke Pasar Global 2024 dream.co.id

Dream - Perhelatan fashion modest tahunan terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ akan digelar untuk kesembilan kalinya pada 8-11 Agustus 2024 besok di Istora Senayan Jakarta.

2 dari 15 halaman

Tahun ini, Indonesian Fashion Chamber (IFC) menyelenggarakan MUFFEST+ bersinergi dengan Gemalindo Kreasi Indonesia yang mengusung tema “Flying to the Global Market”.

MUFFEST+ sendiri merupakan event pameran dagang dan fashion show yang menyoroti keragaman budaya dan kreativitas dari produk fashion modest dan gaya hidup halal di Indonesia.

Sesuai tema yang diusung tahun ini, MUFFEST+ siap menjadi salah satu landasan untuk memproklamirkan fashion modest Indonesia sebagai trendsetter di pasar lokal, nasional, maupun internasional, dan Indonesia sebagai pusat fashion modest dunia.

3 dari 15 halaman

“Di tahun kesembilan ini, MUFFEST+ diharapkan dapat semakin memperkuat peran dalam memasarkan fesyen modest Indonesia ke pasar global. MUFFEST+ telah membersamai brand- brand fesyen modest di Tanah Air yang bertumbuh menjadi luar biasa sampai ke internasi

ujar Lenny Agustin, National Chair Indonesian Fashion Chamber (IFC) pada keterangannya Rabu, 7 Agustus 2024.

4 dari 15 halaman

© MUFFEST+ 2024 Siap Tunjukkan Modest Fashion Indonesia ke Pasar Global 2024 dream.co.id

“Seiring bertambahnya usia, MUFFEST+ dituntut mampu membuat hype supaya industri fesyen modest menjadi lebih lebar lagi seperti merambah ke segmen yang lebih muda,” ungkapnya.

5 dari 15 halaman

MUFFEST+ kembali menggaungkan konsep sustainable yang telah dilakukan sejak tahun 2020.

Tidak hanya pada produk jadi, melainkan juga pada proses hulu ke hilir yang mendukung terciptanya produk-produk fesyen modest yang berstandar internasional.

Sehingga karya-karya terbaik brand dan desainer modest Indonesia tak hanya memiliki keindahan secara estetika, berinovasi dan berdaya jual tinggi, tapi memiliki nilai tanggung jawab terhadap planet serta masyarakat dunia secara berkelanjutan.

6 dari 15 halaman

“MUFFEST+ tahun ini dihadirkan dengan sentuhan baru yang lebih fresh dan muda, mulai dari tempat penyelengaraan di Istora Senayan Jakarta yang menjadi pusat kumpul gen-Z dan milenial. Kemudian fashion show yang disinergikan dengan perfoma musisi muda seperti HIVI! dan Voice of Baceprot,” kata Irvan Mahidin, CEO PT. Gemalindo Kreasi Indonesia di kesempatan yang sama.

7 dari 15 halaman

© MUFFEST+ 2024 Siap Tunjukkan Modest Fashion Indonesia ke Pasar Global 2024 dream.co.id

Sesuai tema yang diusung yaitu Flying to the Global Market, lanjut Irvan, MUFFEST+ memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung melalui penataan ambience seperti berada di bandara.

8 dari 15 halaman

MUFFEST+ 2024 akan menghadirkan ragam gaya busana modest mulai dari street wear, evening wear, urban, kontemporer, hingga syar’i dari 175 brand dalam peragaan busana dan pameran dagang. Perhelatan MUFFEST+ akan diramaikan pula oleh kegiatan seperti seminar Fashion Trend Forecasting, talkshow, workshop, dan business matching. Pameran dagang atau eksibisi MUFFEST+ tahun ini akan menampilkan koleksi fesyen modest, hijab, alas kaki, tas, tekstil, perhiasan, aksesoris, kosmetik, dan produk kecantikan.

9 dari 15 halaman

© MUFFEST+ 2024 Siap Tunjukkan Modest Fashion Indonesia ke Pasar Global 2024 dream.co.id

Kegiatan Kick-off MUFFEST+ 2024 diselenggarakan pada akhir Juli lalu di Bali Coffee Club Jakarta, yang menghadirkan narasumber yang terbagi menjadi tiga sesi chit-chat.

10 dari 15 halaman

Sesi pertama memaparkan tentang program MUFFEST+ 2024 dengan narasumber Lenny Agustin, National Chair Indonesian Fashion Chamber; Lisa Fitria, Marketing Director MUFFEST+ 2024; Irvan Mahidin, CEO PT. Gemalindo Kreasi Indonesia; dan Dian Desiana, Managing Director Bali Coffee Club.

Sesi kedua chit-chat mengulas tentang Potensi Bisnis Modest Fashion dengan narasumber Ita Rulina, Kepala Grup Pemberdayaan Ekonomi dan Keuangan Syariah – Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia; Hikmah Rizka, VP Islamic Ecosystem Bank Syariah Indonesia; desainer Khanaan Shamlan dan Rosie Rahmadi.

11 dari 15 halaman

Sedangkan chit-chat sesi ketiga memaparkan tentang Sustainable Fashion & Trend Modest Fashion dengan narasumber Ali Charisma, Advisory Indonesian Fashion Chamber; Reviana Surya, Head of Corporate Communication PT. Asia Pacific Rayon; Wahidah Oktavia, Senior Public Relations Wardah Beauty; dan desainer Hannie Hananto.

12 dari 15 halaman

Kick-off MUFFEST+ 2024 menghadirkan pula Trunk Show dari perwakilan desainer dan brand yang akan berpartisipasi dalam MUFFEST+ 2024, yaitu Lisa Fitria, KAYO by Fey Kayo, BT Batik Trusmi, Level Up, Inara Rusli, SHI by Shireen Sungkar, Monika Jufry, Nada Puspita, Pelangi Asmara, Kursien Karzai, Althafunissa, Hannie Hananto, Sofie, Kami., Zaskia Sungkar, Rosie Rahmadi, Irmasari Joedawinata, Khanaan, Ayu Dyah Andari, Rya Baraba, dan Ivan Gunawan Prive.

13 dari 15 halaman

“Potensi pasar internasional untuk modest fesyen sangat besar, namun pelaku industri modest fesyen di Indonesia banyak yang belum siap untuk merambah ke skala global. Maka Bank Indonesia masuk untuk turut menggerakkan sektor fesyen dan sudah terlihat sekt

tutur Ita Rulina, Kepala Grup Pemberdayaan Ekonomi dan Keuangan Syariah – DEKS Bank Indonesia.

14 dari 15 halaman

Melihat hal tersebut, Bank Indonesia pun berterima kasih dan mengapresiasi upaya bersama yang telah dilakukan bersama.

MUFFEST+ tahun ini terselenggara atas kerjasama sinergis dengan berbagai pihak yaitu Wardah sebagai Official Makeup and Skincare, BSI (Bank Syariah Indonesia) sebagai Official Bank, Asia Pacific Rayon (APR) dan Gistex sebagai Sponsor, serta didukung oleh Kementerian Perdagangan RI, Bali Coffee Club, Habitare Apart Hotel Rusuna Jakarta, dan YOU C1000.

Kemudian Bank Indonesia dengan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) sebagai Event Partner dan Hijabersmom sebagai Community Partner.

15 dari 15 halaman

“Selama 9 tahun Wardah mendukung konsistensi dan komitmen MUFFEST+ dalam menciptakan sustainablity. Wardah sudah masuk ke ranah internasional supaya tidak hanya menjadi market leader di Indonesia,” kata tutur Wahidah Oktavia, Senior Public Relations Wardah Beauty.

Tahun ini, lanjut Via sapaan akrabnya, Wardah sebagai Offical Make up and Skincare perlu mengedukasi bahwa kulit yang sehat dan terawat menjadi investasi penting sebelum menggunakan make up agar long lasting dan terlihat flawless.

“Tidak hanya trend make up, tapi diperlukan juga trend skincare, karena perawatan bagian dari keberlanjutan,” tambah Via.

Beri Komentar