4 Gunung Berapi di Indonesia Erupsi Hampir Bersamaan Dalam 24 Jam Terakhir

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 18 Maret 2019 18:20
4 Gunung Berapi di Indonesia Erupsi Hampir Bersamaan Dalam 24 Jam Terakhir
Sejak Minggu hingga Senin, empat gunung ini menunjukkan aktivitas.

Dream - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mencatat adanya aktivitas letusan empat gunung api pada Senin, 18 Maret 2019. Empat gunung api itu adalah Gunung Bromo, Anak Krakatau, Merapi, dan Agung.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Gunung Bromo mengalami letusan sebanyak lima kali pagi tadi. Ketinggian abu vulkanik mencapai 1.500 meter di atas puncak kawah.

" Tidak ada peningkatan aktivitas dibanding tahun 2015. Letusan masih aman, status masih waspada level II," ujar Sutopo di kantornya, Jakarta, Senin 18 Maret 2019.

Radius berbahaya ditetapkan sejauh 1 kilometer dari puncak kawah. Sutopo juga mengimbau masyarakat tidak mendekat berada atau mendekati radius tersebut.

" Pariwisata aman artinya masyarakat masih bisa menikmati, masih bisa berkunjung ke Bromo," ucap dia.

Sementara Gunung Anak Krakatau juga terdeteksi mengalami erupsi dengan ketinggian 500 meter di atas puncak kawah tanpa disertai dentuman. Status masih di level III dengan radius berbahaya 5 kilometer.

Selain itu, Gunung Merapi juga terpantau mengalami 26 kali gempa guguran pada pukul 00.00-06.00 WIB. Menurut Sutopo, itu merupakan peristiwa alami akibat adanya proses pertumbuhan kubah lava.

Sedangkan Gunung Agung di Bali juga terpantau mengalami letusan sebanyak dua kali pada pada Minggu, 17 Maret. Tinggi letusan mencapai 500-600 meter di atas puncak kawah.

" Status masih tetap siaga level III, radius berbahaya 4 km. kondisi Bali aman, pariwisata aman," kata Sutopo.(Sah)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie