40 Pegawai di Gedung Sate Positif Covid-19

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 30 Juli 2020 19:29
40 Pegawai di Gedung Sate Positif Covid-19
Gedung Sate akan ditutup selama dua pekan.

Dream - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, mengatakan, 40 pegawai di lingkungan Gedung Sate terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga, Gedung Sate ditutup selama dua pekan ke depan.

" Bahwa betul di Gedung Sate ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 40 orang. Dari 40 orang itu tersebar di beberapa biro," ujar Setiawan, dikutip dari Liputan6.com.

Dari 40 pegawai tersebut, 17 orang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 23 non-PNS. Mereka berdomisili di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kota Cimahi. Mereka sebelumnya mengikuti tes usap yang digelar tiga hari berturut-turut sejak Minggu, 26 Juli 2020.

Menurut Setiawan, tes usap tersebut diikuti 1.260 orang. Tetapi, sumber penularan belum dapat diketahui.

" Gedung sate selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini terbuka aksesnya juga banyak pengunjung dan yang studi banding. Sehingga belum dapat kita pastikan sumber penularan dari eksternal atau internal. Tapi saat ini kami sedang cari tahu itu," kata Setiawan.

1 dari 5 halaman

Dari rentang usia pasien tertular, 40 persen berada di kisaran 31-40 tahun, 30 persen usia 21-30 tahun. Sisanya berada di kisaran usia di atas 50 tahun dan di bawah 20 tahun.

" Untuk yang non-PNS ini kebanyakan supporting staff mulai pengamanan, cleaning service," ucap dia.

Setiawan menjelaskan tes usap dijalankan berdasarkan instruksi dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar, Ridwan Kamil. Uji usap perlu dilakukan untuk memastikan virus tidak tersebar.

" Ketika Ketua Covid menginstruksikan kepada kami untuk melakukan tes proaktif, kita bisa melihat memang ada kasus yang selama ini mereka tidak terlihat, tidak bergejala," kata dia.

 

2 dari 5 halaman

Setiawan mengatakan, kasus ini membuat Pemprov Jabar mengambil pelajaran Covid-19 harus diwaspadai. Sebisa mungkin diantisipasi secara ketat.

" Kita harus ambil hikmahnya. Instansi pemerintah yang sudah memberlakukan kapasitas 50 persen, melakukan disinfeksi, menyediakan cuci tangan, masih juga kita ini kecolongan, karena itu saya rasa protokol kesehatan harus kita pegang, disiplin," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Huyogo Simbolon

3 dari 5 halaman

Gedung Sate Ditutup, Ada PNS Positif Covid-19?

Dream - Gedung Sate yang menjadi ikon Kota Bandung ditutup mulai 30 Juli hingga 14 Agustus 2020. Seluruh pegawai diminta bekerja dari rumah.

Keputusan tertuang dalam Surat Edaran Nomor 800/117/UM tentang Penyesuaian Sistem Kerja Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Surat ditandatangi Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja.

Terdapat beberapa poin dalam surat itu. Seperti perlunya penyesuaian kembali kegiatan dan sistem kerja PNS di Lingkungan Sekdaprov Jabar.

Seluruh PNS diwajibkan melaporkan aktivitas kerja dan kehadiran melalui TRK dan K-Mob sebagai dasar perhitungan dan pemberian TPP.

Poin lain menyebutkan masjid, command center, museum, kantin, dan area publik Gedung Sate ditutup untuk umum.

 

4 dari 5 halaman

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Jabar, Hermansyah membenarkan hal tersebut. Dia menyatakan sebagian pegawai diharuskan bekerja di rumah.

" Edaran itu benar. WFH (Work From Home) sebagian, diupayakan sedikit mungkin yang berada di Gedung Sate, tapi kita tunggu pernyataan Pak Sekda," kata Hermansyah, dikutip dari Ayobandung.com.

 

5 dari 5 halaman

Sebelumnya, para pegawai di Gedung Sate menjalani tes usap (swab test) Covid-19 pada Senin, 27 Juli 220. Pemeriksaan dilakukan di Aula Timur. Usai menjalani tes, mereka bekerja seperti biasa.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar, Daud Achmad, mengatakan tes usap dilaksanakan dalam rangka pelacakan rutin.

Pelaksananya adalah Divisi Pelacakan dan Pengujian Massal Gugus Tugas Covid-19 Jabar.

" Kegiatan ini sesuai dengan agenda dari Divisi Pelacakan dan Pengujian Massal. Disiapkan 2.000 test kit di Gedung Sate," kata dia.

Apakah ada pegawai yang positif tertular Covid-19 di kawasan Gedung Sate? Beredar pesan berantai bahwa ada sekitar 40 pegawai positif Covid-19. Meski begitu hingga kini pesan berantai jumlah pegawai yang positif Covid-19 itu belum terkonfirmasi. 

Beri Komentar