Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Titik Pemantauan PSBB di Kota Bogor yang Berlaku 15 April

6 Titik Pemantauan PSBB di Kota Bogor yang Berlaku 15 April Penerapan PSBB Di DKI Jakarta (Merdeka.com/Arie Basuki)

Dream - Pemerintah Kota Bogor menetapkan penyekatan lalu untuk menekan pergerakan masyarakat selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Rabu, 15 April nanti. Langkah ini diterapkan pada enam titik yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Bogor.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, mengatakan akan ada pos penyekatan atau check poin di enam titik yaitu di Simpang Pomad tepatnya Jalan Raya Jakarta-Bogor, Exit Toll Jagorawi tepatnya di Baranangsiang, Exit Toll Jagorawi tepatnya di Ciawi, Simpang Yasmin atau Jalan Sholeh Iskandar, serta di Bubulak.

"Selain itu, ada penyekatan di seputaran Istana Bogor, seperti di pintu satu, dua dan tiga. Akan dijaga oleh beberapa personel," ujar Dedie.

Untuk titik lalu lintas antar wilayah, Dedie mengatakan akan diupayakan untuk pengurangan arus mobilitas warga. Hal ini sesuai dengan kesepakatan yang sudah diambil dengan para kepala daerah.

"Khususnya yang tidak berkepentingan dan tidak terkait dengan hal-hal yang dikecualikan seperti bidang medis, logistik, telekomunikasi, kebutuhan pokok, distribusi barang dan industri strategis," kata Dedie.

Maksimalkan PSBB

Selanjutnya, Dedie mengatakan tengah menyiapkan Peraturan Wali Kota dan Surat Keputusan Wali Kota untuk pendistribusian jaring pengaman sosial di Kota Bogor. Dia juga mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan diri sebelum pemberlakuan PSBB.

Dia juga meminta para pelaku industri mempersiapkan fasilitas untuk memudahkan masyarakat. Seperti restoran menyiapkan layanan pesan antar dengan memanfaatkan ojek online.

"Demikian pula dengan sistem belanja, yang sebelumnya di pasar kita tekan semaksimal mungkin dilakukan secara online atau kolektif," kata dia.

Selain itu, jam operasional angkutan umum dibatasi menjadi pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sedangkan penumpang yang boleh diangkut sebanyak 50 persen dari maksimal kapasitas tiap angkutan.

Sumber: Merdeka.com/Rasyid Ali

Kota Bogor Bakal Terapkan Karantina Wilayah Parsial Cegah Dampak Corona

Dream - Wakil Wali Kota Bogor, DedieRachim, mengatakan bakal menerapkan karantina wilayah parsial untuk mencegah perluasan penyebaran virus corona. Cara ini dijalankan dengan menutup wilayah tertentu yang dinilai memiliki risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Dedie mengatakan hasil rapat Presiden dengan seluruh gubernur menyatakan pemerintah daerah hanya boleh menerapkan karantina wilayah parsial. Sedangkan karantina wilayah total merupakan kewenangan Pemerintah Pusat dan diputuskan sendiri oleh Presiden.

"Intinya, tidak boleh dilakukan penutupan-penutupan yang dapat menghambat produksi pertanian, distribusi BBM, lalu lintas bahan pokok masyarakat, itu yang dilarang oleh Presiden," kata Dedie, dikutip dari Liputan6.com.

Karantina wilayah parsial diterapkan pada struktur wilayah di tingkat bawah. Struktur wilayah tersebut meliputi kecamatan, desa atau kelurahan, hingga RT/RW.

"Kami diminta untuk menyiapkan langkah-langkah pembatasan di area tertentu yang lebih tinggi penyebaran Covid-19. Jadi tidak akan melakukan lockdown total," kata Dedie.

 

Skema Lockdown

Selanjutnya, Dedie mengatakan wilayah yang akan diterapkan karantina parsial masih dibahas dalam rapat dengan camat dan dinas terkait. Penerapan tidak bisa langsung, karena harus didahului dengan pemetaan wilayah berpotensi tersebar Covid-19.

Selain itu, nantinya akan dibentuk struktur RW Siaga Covid-19. Fungsi struktur ini untuk mengontrol pendatang atau penduduk luar Kota Bogor sehingga didapatkan data asal dan tujuan kedatangan di wilayah masing-masing RW.

"Kita juga melaksanakan pembatasan yang lebih ketat untuk pergerakan masyarakat dan pelarangan kegiatan yang menimbulkan kumpulan masyarakat.

Pemkot Bogor sendiri telah menyiapkan dua skema jika nantinya terdapat keputusan untuk lockdown. Skema ini baru dijalankan jika DKI Jakarta resmi memberlakukan karantina wilayah.

Nantinya, beberapa ruas jalan yang mengarah ke pusat Kota Bogor ditutup. Sehingga pergerakan orang dari dan menuju Kota Bogor bisa dihentikan.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Viral Pengakuan Pria Relawan Pertama Uji Coba Vaksin Virus Corona

Dream- Sejumlah negara maju berpacu dengan waktu untuk menghasilkan obat atau vaksin penyakit corona Covid-19. Sebelum sampai tahap produk massal, perusahaan dan lembaga pemerintah akan melakukan uji coba dari produk yang mereka teliti.

Untuk vaksin Corona Covid-19, uji coba dikabarkan sudah dilakukan di Kaiser Permanente Washington Health Research Institute (KPWHRI) di Seattle pada 16 Maret 2020 lalu. Uji klinis tersebut dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas vaksin Corona.

The National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), bagian dari National Institutes of Health, dilaporkan turut mendanai proyek pencarian vaksi corona ini.

KPWHRI adalah bagian dari Konsorsium Penelitian Klinis Penyakit Menular NIAID. Uji coba dilakukan dengan mendaftarkan 45 sukarelawan dewasa sehat berusia 18 hingga 55 tahun selama sekitar 6 minggu. Salah satunya adalah Ian Haydon.

Ucapan Terima Kasih di Twitter

Ilustrasi Uji Coba Vaksin Corona

Dilansir dari twitter pribadinya @ichaydon, Ian  mengakui sebagai orang pertama yang mengikuti uji coba Vaksin Covid-19.

“Saya bersyukur sekali. Terima kasih untuk seluruh ilmuwan yang membawa kami ke sini. Dan untuk tim yang mengembangkan vaksin ini, dan perawat yang bersedia mengambil darahku” ungkapnya.

Uji coba ini akan mengevaluasi keamanan dan kemampuannya dalam menginduksi respon imun pada partisipan. Uji coba ini merupakan yang pertama dari beberapa proses uji klinis untuk mengevaluasi potensi manfaat vaksin.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kawasan Puncak Bogor Bebas Kendaraan di Malam Tahun Baru, Simak Rute Alternatifnya

Kawasan Puncak Bogor Bebas Kendaraan di Malam Tahun Baru, Simak Rute Alternatifnya

Jalur alternatif ke Cianjur saat kawasan puncak di tutup malam tahun baru.

Baca Selengkapnya
Aksi Polisi Korbankan Motor Jadi Ganjalan Bus Tuai Pujian

Aksi Polisi Korbankan Motor Jadi Ganjalan Bus Tuai Pujian

Polisi korbankan motornya untuk mengganjal truk yang mundur dan berpotensi memakan korban. Aksinya tuai pujian warganet.

Baca Selengkapnya
Pakar Transportasi ITB Beri Jalan Keluar Agar Tabrakan KA di Bandung Jadi yang Terakhir

Pakar Transportasi ITB Beri Jalan Keluar Agar Tabrakan KA di Bandung Jadi yang Terakhir

Pakar Transportasi ITB ungkap faktor yang dapat menjadi penyebab kecelakaan kereta.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Saat Panggilan Alam Tiba!

NOTED KAK! Saat Panggilan Alam Tiba!

Sahabat Dream Pernah gak sih mood bikin konten lagi bagus tiba-tiba `panggilan alam` datang. Auto menghilang deh.

Baca Selengkapnya