8 Manfaat Tidur Siang saat Puasa Ramadhan Selain Menghilangkan Rasa Lapar

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Senin, 4 Mei 2020 12:01
8 Manfaat Tidur Siang saat Puasa Ramadhan Selain Menghilangkan Rasa Lapar
tidur siang saat puasa dihitung berpahala di bulan puasa. Ditambah lagi, ternyata ada banyak manfaat dari tidur siang saat puasa Ramadhan lho.

Dream - Saat puasa Ramadhan, jam tidur kita biasanya akan berubah. Jam tidur berkurang akibat harus bangun untuk makan sahur. Bahkan rata - rata waktu tidur kita saat bulan puasa hanya berkisar 5-6 jam saja.

Untuk menghilangkan rasa mengantuk, ada baiknya seseorang yang puasa menyempatkan tidur siang. Sahabat Dream bisa meluangkan waktu tidak lebih dari 30 menit setiap harinya. Hal ini juga ternyata bisa mendatangkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tidur siang akan  memberikan dampak baik untuk tubuh. Kamu bisa ambil waktu sejenak untuk tidur siang singkat. Sehingga dapat membantu kelancaran puasa setiap harinya dan membuat badan tetap bugar.

Dilansir dari Liputan 6, berikut berbagai manfaat tidur siang saat puasa Ramadhan yang akan kamu rasakan. 

1 dari 4 halaman

Menghilangkan Rasa Lapar

Pembelajaran Natural© MEN

Manfaat tidur siang saat puasa Ramadhan yang pertama adalah menghilangkan rasa lapar. Saat puasa, kita akan terbangun lebih pagi untuk sahur. Akibatnya jam tidur berkurang, yang tentunya bisa membuat perut jadi keroncongan, bahkan sebelum tengah hari.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS), menemukan, kurang tidur memicu hormon gherkin (yang membuat kamu ingin makan lebih banyak) dan menurunkan kadar hormon leptin (yang memberi kamu sinyal saat kenyang).

Rasa lapar di siang hari merupakan hal yang wajar. Hal ini terjadi akibat pergeseran ritme sirkadian yang membuat kamu lelah dan ingin makan. Tidur siang bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginan untuk makan. Tidur terbukti membatasi grelin dan meningkatkan leptin, yaitu dua hormon metabolik yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat tidur siang saat puasa Ramadhan juga dapat meningkatkan konsentrasi. Saat tidur, aktivitas saraf akan memperkuat kemampuan daya ingat dalam jangka panjang. Kamu juga akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari suatu hal sekaligus mengingatnya.

Jika saraf sudah tenang setelah tidur siang singkat, maka konsentrasi juga bisa bertambah. Kamu bisa kembali beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar serta bisa lebih fokus.

 

2 dari 4 halaman

Menambah Tenaga

4 Tips Fokus Bekerja di Rumah© MEN

Puasa mengharuskan kamu menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam, atau bahkan lebih lama lagi di beberapa negara tertentu. Saat tubuh merasa lelah, maka jangan ragu untuk tidur siang sejenak.

Manfaat tidur siang saat puasa Ramadhan adalah bisa menjaga tenaga yang tersisa di tubuh. Jika memiliki waktu luang, ada baiknya tidur siang singkat daripada menghabiskan waktu dengan hal yang kurang bermanfaat.

Sistem motorik yang kamu gunakan terus menerus selama beraktivitas akan kelelahan sehingga bekerja lebih lambat dan tidak fokus. Dengan tidur siang sebentar, hal ini dapat mengurangi kelelahan motorik. Kamu pun bisa kembali bersemangat melakukan aktivitas.

Memperkuat Memori

Manfaat tidur siang saat puasa Ramadhan juga dapat memperkuat memori. Sebuah tim ahli neuropsikologi Jerman menemukan, bahwa tidur setelah mempelajari sesuatu dapat meningkatkan ingatan informasi lima kali lebih baik daripada jika kamu tetap terjaga sesudahnya.

Banyak literatur yang mengatakan bila istirahat tidur siang bisa membuat memori ingatan manusia lebih kuat. Durasi selama 20-30 menit sekali tidur siang bisa berdampak baik pada kemampuan kognitif dalam mengingat.

3 dari 4 halaman

Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

3 Cara Bangun Mood Kerja Usai Libur Panjang© MEN

Manfaat tidur siang saat puasa Ramadhan selanjutnya adalah memperbaiki mood. Kurang tidur selama puasa membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. kamu pun menjadi lebih mudah lelah dan marah. 

Jika kamu mulai merasa tidak nyaman. kamu bisa meluangkan waktu untuk tidur siang selama 15-30 menit. Tidur siang membantu mengembalikan sistem tubuh dan hormon neuroendokrin kembali ke tingkat normal, sama seperti tingkat hormon setelah kamu tidur malam yang nyenyak.

Mengurangi Stres

Menurut penelitian dari Allegheny College, AS, manfaat tidur siang saat ramdhan dapat membantu tubuh mengatasi kondisi kecemasan dan stres. Ketika merasa mengantuk, kadar hormon kortisol kita akan naik. Hormon ini berfungsi untuk mengatur respon tubuh terhadap hal yang menegangkan, termasuk stres. Jadi, saat kadar kortisol meningkat, stres yang kamu rasakan juga semakin besar.

Banyak kerugian yang kamu dapatkan pada tubuh saat stres, salah satunya menjadi lebih mudah jatuh sakit. Tidur siang membantu tubuh untuk menurunkan kadar kortisol dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

4 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit© MEN

Saat mengantuk, tubuh akan mengalami peningkatan tekanan darah yang bisa memperberat kerja jantung. Itulah sebabnya, tidur adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi kantuk, apalagi saat puasa. Manfaat tidur siang saat puasa Ramadhan dapat membantu jantung untuk beristirahat sejenak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang singkat baik untuk kesehatan jantung. Ditemukan juga gangguan tidur pada malam atau siang hari dapat memicu gangguan jantung sebesar 37 persen.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat tidur siang saat puasa Ramadhan berikutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit. Ketika puasa, kita sering kekurangan minum, akibatnya bibir pecah-pecah dan kulit menjadi kering. Kulit kering bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini. Tidur siang membantu memperpanjang regenerasi kulit dan jaringan sehingga membantu kulit kamu tetap lembap dan terlihat lebih segar.

Beri Komentar