Alhamdulillah, Kaum Dhuafa Kini Bisa Rasakan Manfaat Asuransi

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 21 Agustus 2019 19:01
Alhamdulillah, Kaum Dhuafa Kini Bisa Rasakan Manfaat Asuransi
Lewat Salam Proteksi Amanah, masyarakat kini bisa berasuransi sekaligus berdonasi proteksi kepada kaum dhuafa.

Dream - Manfaat asuransi selama ini mungkin hanya bisa dirasakan oleh mereka yang tergolong mampu. Bahkan manfaat itu hanya bisa diakses oleh pemilik premi dan ahli warisnya.

Sementara bagi kaum dhuafa, asuransi mungkin jadi kebutuhan nomor ke sekian dalam keseharian mereka. Padahal beban hidup kelompok mustadhafin ini begitu berat dan hampir tidak mungkin ditanggung sendirian.

Menyadari adanya kesenjangan Dompet Dhuafa hadir menjembatani para pemilik premi asuransi dengan masyarakat kurang mampu. Lewat kerja sama dengan Sun Life Financial Syariah, Dompet Dhuafa meluncurkan program Proteksi 1 Juta Dhuafa.

" Kami menyambut baik kolaborasi yang terjalin bersama Sun Life Financial Syariah. Kami percaya, dibutuhkan semangat dan gerakan bersama-sama untuk mendukung berbagai program pemberdayaan masyarakat sekaligus membantu kesejahteraan masyarakat dhuafa," ujar Direktur Utama Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Rabu 21 Agustus 2019.

 Salam Proteksi Amanah

Program kerja sama ini diwujudkan dalam bentuk produk asuransi Salam Proteksi Amanah. Produk ini memberikan kesempatan kepada nasabah untuk berdonasi sekaligus memberi manfaat proteksi dari produk asuransi jiwa tersebut kepada kaum dhuafa.

Lewat produk asuransi kesehatan ini pula, Dompet Dhuafa dan Sun Life Financial Syariah ingin mengubah pandangan masyarakat mengenai donasi. Sehingga, donasi tidak semata dilihat sebagai uang tunai yang disumbangkan saja, melainkan bisa dalam bentuk proteksi diri bagi masyarakat tidak mampu.

" Didukung keahlian dan keunggulan Sun Life Financial Syariah di bidang asuransi berbasis syariah, kami yakin kerja sama ini dapat memberi manfaat lebih bagi masyarakat luas, baik bagi para pemberi donasi, maupun penerima manfaat," kata Imam.

 Salam Proteksi Amanah

Salam Proteksi Amanah memiliki dua pilihan produk dengan premi sangat terjangkau yaitu Salam Tawakkal dan Salam Ikhlas. Masing-masing produk akan memberikan manfaat kepada kaum dhuafa berupa dana santunan kematian maupun kecelakaan.

Manfaat dari Salam Proteksi Amanah ada tiga jenis yaitu Manfaat Dana Kematian Rp3,5 juta untuk Salam Tawakal dan Rp7 juta untuk Salam Ikhlas. Kedua, Manfaat Meninggal Dunia karena Kecelakaan sebesar Rp6 juta untuk Salam Tawakal dan Rp12 juta untuk Salam Ikhlas. Ketiga, Manfaat Cacat Tetap dan Total sebesar Rp5 juta untuk Salam Tawakal dan Rp10 juta untuk Salam Ikhlas.

1 dari 5 halaman

Kehangatan Ronting Sambut Tim Wisata Kurban Dompet Dhuafa

Dream - Tarian Rewog dan hadrah memeriahkan kedatangan Tim Wisata Kurban Dompet Dhuafa di Kampung Ronting, Desa Satar Kampas, Kecamatan Lambaleda, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) Sabtu, 10 Agustus 2019.

Ketua Takmir Masjid Al Istiqamah, Safrudin Haji Umar, mengatakan tarian dan hadrah memang disiapkan untuk menjamu tamu kehormatan dan pejabat yang datang. Tapi, kedatangan Tim Wisata Kurban Dompet Dhuafa dianggap spesial.

" Biasanya para penari menggunakan pakaian khusus tapi karena dadakan ya biasa," ujar pria yang disapa Abu ini.

Abu mengatakan warga begitu bahagia karena Masjid Al Istiqamah yang dibangun lewat program Dompet Dhuafa pada 2017 sudah berdiri. Apalagi, program itu berlanjut hingga ke pemberdayaan.

 

2 dari 5 halaman

Ramahnya Masyarakat Ronting

Sambutan ini mengagetkan influencer Chikita Fawzi. Dia terus tersenyum mengingat penyambutan yang terjadi.

" Seneng, masya Allah," kata Chikita.

 Ronting Dompet Dhuafa

Chikita merasakan keramahan warga Kampung Ronting meski baru pertama kali berjumpa.

Abu mengatakan, rencananya Masjid Al Istiqamah akan menyembelih 10 sapi. Sapi-sapi tersebut berasal dari program pemberdayaan Dompet Dhuafa.

" Rencananya akan disembelih tiga tahap," ujar Abu.

3 dari 5 halaman

Ajak 30 Influencer Santap Daging, Dompet Dhuafa Tebar Semangat Berkurban

Dream - Dompet Dhuafa terus mengajak masyarakat untuk tidak ragu berkurban lewat kampanye #JanganTakutBerkurban. Kurban merupakan amalan bernilai ibadah yang membawa berkah bagi semua orang.

Untuk menyebarkan semangat berkurban lebih meluas, lembaga amil ini menggandeng para influencer. Mereka diajak untuk lebih dalam lagi meresapi makna kurban.

" Dompet Dhuafa mengundang para influencer sebanyak 30 orang, tujuannya untuk menyosialisasikan program kurban Dompet Dhuafa," ujar Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi di restoran Hanamasa, Jakarta, Rabu 31 Juli 2019.

 Dompet

Yuli berharap para influencer yang mempunyai banyak followers akan ikut membantu Dompet Dhuafa menebarkan pesan ajakan ke lebih banyak masyarakat.

" Dengan itu jadi mereka tahu ada program kurban yang Insya Allah akan bermanfaat," ucap dia.

Dalam acara ini, para influencer diajak menikmati lezatnya hidangan daging. Dari kenikmatan itu diharapkan muncul semangat untuk berbagi berkah lezatnya daging kurban kepada mereka yang membutuhkan.

 Dompet Dhuafa

" Makanya kita mengingatkan mereka untuk para influencer kalau Anda bisa menikmati daging enak, tapi ada saudara-saudara lain yang hanya bisa menikmati satu tahun sekali," kata Yuli.

Berbagai keseruan dihadirkan dalam acara ini. Mulai dari tebak pertanyaan berhadiah, hingga cara memasak daging yang baik di Hanamasa.

Para influencer yang hadir dalam acara ini sangat antusias. Mereka merasa tertarik untuk turut serta menyebarkan semangat berkurban kepada masyarakat.(Sah)

4 dari 5 halaman

Raih Berkah Wakaf Lewat Asuransi Sun Life Financial

Dream - Setiap Muslim tentu sangat dianjurkan untuk menjalankan amalan baik. Terutama amalan itu memberikan dampak terhadap kesejahteraan umat.   Seiring perkembangan zaman, kesadaran Muslim untuk beramal semakin meningkat. Banyak dari saudara kita yang menyisihkan sebagian rezekinya untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan, terutama lewat wakaf.   Wakaf sendiri merupakan amalan sunah bernilai ibadah yang dijalankan dengan cara menyerahkan harta agar bisa diambil manfaatnya oleh umat.   Sarana wakaf kini juga semakin mudah. Muslim tidak perlu lagi pusing menentukan harta apa yang bisa diwakafkan.    PT Sun Life Financial Indonesia hadir memberikan solusi bagi kebutuhan untuk berwakaf. Lewat produk Brilliance Hasanah Maxima, para Muslim dapat meraih berkah wakaf sembari berasuransi.   Nah, seperti apa produk asuransi plus wakaf ini? Sun Life Financial bakal mengupasnya lewat talkshow bertajuk 'Berwakaf dengan Pasti, Kini, dan Nanti.'   Digelar di Ballroom I Aston Palembang Hotel, Sumater Selatan, Kamis, 1 Oktober 2018, talkshow ini mengajak masyarakat Muslim Palembang, khususnya Hijabers Community dan IWAPI untuk belajar lebih dalam mengenai wakaf asuransi.   Bersama Chief Sharia Business Sun Life Financial Indonesia, Norman Nugraha, dan desainer sekaligus public figure, Jenahara, talkshow yang berlangsung pada pukul 15.00-16.30 WIB ini bakal membahas seluk beluk dan manfaat berwakaf lewat asuransi.   Acara ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kesadaran Muslim untuk berwakaf. Ini mengingat wakaf mengandung potensi begitu besar bagi kesejahteraan umat. (ism)

5 dari 5 halaman

Potensi Besar, Sun Life Indonesia Gandeng Bank Muamalat Jadi Agen Asuransi

Dream – PT Sun Life Financial Indonesia menggandeng PT Bank Muamalat Tbk untuk bisnis banccassurance. Bank syariah ini akan menjadi agen penjual asuransi syariah Sun Life.

Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty, mengatakan sektor syariah menjadi sektor bisnis yang krusial bagi perusahaan. Saat ini bisnis syariah terus menunjukkan tren yang positif dengan menyumbang sekitar 9 persen dari total premi Sun Life secara keseluruhan.

“ Kolaborasi ini sekaligus menegaskan konsistensi Sun Life dalam menghadirkan solusi asuransi berbasis syariah yang terjangkau dan memberi manfaat lebih bagi masyarakat,” kata dia di Jakarta.

Elin menjelaskan, potensi industri keuangan syariah di Indonesia masih sangat besar mengingat negara ini memiliki penduduk Muslim terbanyak di dunia. Sayangnya, data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan indeks literasi keuangan syariah pada 2016 baru mencapai 8,16 persen.

Sementara itu, data Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menunjukkan peningkatan penetrasi asuransi jiwa syariah selama 2018, meski masih di bawah 5 persen. Artinya, potensi industri asuransi syariah untuk bertumbuh dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi bangsa masih sangat besar.

“ Untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan penetrasi keuangan syariah di tanah air, Sun Life berkolaborasi dengan Bank Muamalat dalam menghadirkan kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkau produk asuransi syariah melalui jalur distribusi bancassurance,” kata dia.

Sekadar informasi, kerja sama ini dikukuhkan melalui penandatanganan yang dilakukan oleh Chief Partnership Distribution Sun Life Financial Indonesia, Danning Wikanti, dan Retail Banking Director Bank Muamalat, Purnomo B. Soetadi. Penandatanganan kerja sama ini disaksikan oleh CEO Bank Muamalat, Achmad K. Permana, dan Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty.

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen