Dibalik Niat Google Terbangkan Balon Udara di Indonesia

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 1 November 2015 12:00
Dibalik Niat Google Terbangkan Balon Udara di Indonesia
Balon udara itu akan mengudara di atas lapisan stratosfer Indonesia 2016 mendatang.

Dream - Perusahaan situs mesin pencari terbesar di dunia, Google rencananya akan menerbangkan balon udara yang berfungsi sebagai penyalur akses internet di Indonesia pada 2016 mendatang. Keputusan ini diambil Alphabet, perusahaan yang kini menangani Google Project Loon, pada hari Rabu, 28 Oktober 2015 lalu.

Untuk memulai proyek itu, Alphabet menggandeng tiga operator telekomunikasi di Indonesia, Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata. Vice President of Project Loon Google, Mike Cassidy mengatakan pemanfaatan balon udara memang diharap bisa memperluas jangkauan internet dengan lebih mudah.

" Selama beberapa tahun ini, kami berharap Loon dapat menjadi teman dari provider telekomunikasi lokal untuk mendapatkan akses internet berkecepatan tinggi," katanya.

" Selama ini dari masih banyak orang dari Sabang sampai ke Merauke yang tidak memiliki akses internet. Dengan adanya Loon, kami berharap suatu hari nanti bisa membantu memberi mereka akses itu," tambah Mike.

Presiden Alpabhet Inc. Sergey Brin membayangkan Proyek Loon dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan akses internet bagi warga jutaan warga di seluruh dunia. " Dengan adanya proyek ini jarak antarwarga di dunia dapat menyusut," kata pria yang ikut mendirikan Google ini.

Project Loon merupkan balon-balon udara yang melayang di lapisan stratosfer dengan tinggi sekitar 20 km di atas permukaan bumi. Sebuah perangkat yang mampu memancarkan sinyal internet ke daratan di pasang dalam balon udara ini.

Sumber: NBC News, berbagai sumber

Beri Komentar