Bank Aset Wakaf Siapkan Rumah Murah, Cicilan Cuma Rp1 Juta!

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 18 Maret 2019 10:00
Bank Aset Wakaf Siapkan Rumah Murah, Cicilan Cuma Rp1 Juta!
BAW bakal membangun komplek perumahan di tanah wakaf di Cianjur, Jawa Barat.

Dream - Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang masih sulit terjangkau bagi sebagian umat Islam. Di sisi lain, Badan Wakaf Indonesia mencatatkan aset wakaf berupa tanah di seluruh Indonesia begitu besar, mencapai 4.359.170 meter persegi.

Melihat potensi wakaf yang belum tergarap maksimal, Bank Aset Wakaf (BAW) hadir di tengah umat. Bank ini menjembatani umat Islam untuk bisa memiliki rumah murah di atas tanah wakaf.

CEO Bank Aset Wakaf, Bobby Herwibowo, mengatakan dalam waktu dekat lembaganya akan mengelola tanah wakaf seluas 4 hektar di Cianjur, Jawa Barat. Rencananya, tanah itu akan dijadikan lokasi perumahan dan pertokoan sehingga menjadi produktif dan menghadirkan kesejahteraan bagi umat.

" BAW akan bangun start di Cianjur tanah diwakafkan 4 hektar menjadi 173 unit rumah dan 27 untuk pertokoan harganya Rp111 juta, dan masjid," ujar Bobby di Jakarta, baru-baru ini. 

Di tanah wakaf itu akan berdiri 173 unit rumah tipe 50 lengkap dengan tiga kamar, ruang tamu, dapur dan satu kamar mandi. Sertifikatnya berstatus Hak Guna Bangunan (HGB) dan tanahnya tidak bisa diperjualbelikan.

Para penghuni mendapatkan HGB selama 30 tahun dan dapat diperpanjang sesuai ketentuan. Rumah atau toko dapat dimiliki dengan cicilan sebesar Rp1 juta per bulan.

Tahap pertama pembangunan komplek perumahan wakaf ini ditujukan untuk para guru, ustaz, buruh dan masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah.

Selain itu, calon penghuni didorong untuk lebih mendekatkan diri pada yang Maha Kuasa. Misalnya diharuskan menghafal satu surat Alquran satu hari dan mau memakmurkan masjid.

Bobby berharap cicilan yang ringan dapat membuat masyarakat dapat hidup nyaman. Jika proyek pertama berhasil, BAW bakal menjajagi kemungkinan mengelola tanah wakaf di daerah lain demi kesejahteraan umat.(Sah)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie