Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cek Fakta: Foto Rizieq Shihab Bersama Bos JNE Hoax

Cek Fakta: Foto Rizieq Shihab Bersama Bos JNE Hoax Rizieq Shihab (Foto: KapanLagi.com)

Dream - Laman media sosial kemarin riuh dengan foto Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab bersama seorang pria berkopiah putih tengah saling bersalaman. Narasi yang beredar menyebutkan sosok pria tersebut sebagai bos perusahaan jasa pengiriminan, JNE.

Kemunculan foto yang kebenarannya belum terbukti itu lantas direspons reaktif warganet dengan ramai-ramai menggaungkan tanda pagar (Tagar) #BoikotJNE. Tagar tersebut muncul di Twitter dan menjadi perbincangan warganet.

Unggahan Twitter

"Wajah bos JNE kok sebangsa dgn rizieq dan wa abud ya? Myaman juga kayaknya Pantesan kadrun #BoikotJNE".

Cek Fakta

Fakta seputar sosok pria tersebut akhir terungkap. Dilansir dari Merdeka.com, pria yang berfoto dengan Rizieq Shihab bukanlah pemilik JNE.

Dalam artikel Turnbackhoax berjudul "[SALAH] Foto Bos JNE Bersama Rizieq Shihab" pada 15 Desember 2020, dijelaskan bahwa sosok pria yang bersalaman dengan Rizieq Shihab itu adalah, Hanny Kristianto yang menjabat Direktur IKHLAAS Foundation dan Sekjen Mualaf Center Indonesia (MCI).

Setelah dilakukan penelusuran gambar untuk mengetahui fakta, diketahui bahwa foto pria yang ramai diperbincangkan itu memang Hanny Kristianto. Namun jabatannya bukan sebagai pemilik JNE.

Dilansir dari website fpi-online(dot)com, Hanny Kristianto saat itu sedang mengunjungi kediaman HRS di Mekkah pada tahun 2018. Di samping foto dirinya bersama HRS juga terdapat foto HRS bersama Kyai Zarkasyi dari Gontor.

“Pagi ini Allah ijinkan saya bersama gurunda Kyai Zarkasyi dari Gontor bersilaturahiim dengan Habib Rizieq Shihab di kediaman beliau di Mekah. Kami juga menyampaikan salam dari Dr Zakir Naik dan K. H. Muhammad Arifin Ilham untuk habib dan keluarga besar FPI di Makkah..”, ungkap Hanny.

Hanny Kristianto merupakan Sekjen Mualaf Center Indonesia (MCI) sekaligus founder lembaga amal IKHLASS Foundation. Dalam beberapa kali kesempatan, Hanny Kristianto bersama lembaganya bekerjasama dengan jasa pengiriman JNE untuk pendistribusian santunan.

Dalam postingan di akun resmi JNE (@jne_id) tertanggal 20 April 2020, JNE memberikan gratis ongkir kepada IKHLASS Foundation dan Mualaf Center Indonesia dalam rangka pendistribusian nasi kotak dan APD untuk seluruh rumah sakit di Indonesia.

Selain itu, JNE juga memberikan gratis ongkir untuk pengiriman obat herbal yang diprakarsai Hanny Kristianto, THIBBUN NABAWI. Postingan dapat dilihat di akun instagram Hanny Kristianto.

      View this post on Instagram      

A post shared by Hanny Kristianto (@hannykristianto)

 

Hasil penelusuran dilakukan untuk mengetahui jajaran petinggi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE. Tak ditemukan nama pejabat teras di perusahaan tersebut yang bernama Hanny Kristianto.

Dalam website resmi JNE, diketahui Presiden Direktur JNE bernama Mohamad Feriadi serta Chandra Fireta dan Edi Santoso sebagai direktur.

Adapun Founder JNE yang sudah diketahui bersama adalah Johari Zein. Mulai merintis jasa pengiriman pada tahun 1986 bernama WorldPak, namun beberapa tahun kemudian perusahaan rintisannya kandas karena menjual seluruh sahamnya pada perusahaan kurir Pronto asal Singapura.

Pasca itu Johari tetap berkerja di bidang pendistribusian barang dan kemudian bertemu dengan perusahaan TIKI yang kala itu pemiliknya Soeprapto Suparno.

Ia pun dipercaya untuk melakukan presentasi bisnis di hadapan beberapa pejabat TIKI. Melihat performa Johari Zein, Soeprapto Suparno mempercayakannya untuk mendirikan sendiri perusahaan yang saat ini bernama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE).

Kesimpulan

Dengan berbagai temuan tersebut dipastikan jika foto pria yang bersalaman dengan Rizieq Syihab tersebut bukan pemilik JNE. Informasi yang disebarkan adalah hoaks. Faktanya, pria dalam foto tersebut adalah Hanny Kristianto, Sekjen Mualaf Center Indonesia (MCI) sekaligus founder lembaga amal IKHLASS Foundation.

Manajemen JNE sendiri sudah menggelar konferensi pers sebagai hak jawab atas pemberitaan afiliasi dengan ormas tertentu. Dalam kesempatan tersebut, JNE menggandeng Hotman Paris sebagai kuasa hukum.

"Konferensi pers diadakan di Jetski Cafe Pantai Mutiara, Jakarta Utara. Kegiatan ini dihadiri jajaran Direksi serta Komisaris JNE untuk mengklarifikasi berita yang beredar di social media terkait isu yang menyangkut JNE," tulis admin pengelola akun Instagram @jne_id

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dalam keterangan pers tersebut seperti dikutip dari MSN yang mengambil dari Tribunnews, Hotman membantah semua tudingan terhadap JNE yang berafiliasi dengan Ormas tertentu termasuk tuduhan mendanai teroris.  

(Sumber: Merdeka.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kejadian Tak Terduga Dialami Putra Rizky Billar dan Lesti Saat Foto di Depan Kabah

Kejadian Tak Terduga Dialami Putra Rizky Billar dan Lesti Saat Foto di Depan Kabah

Putra Rizky Billar dan Lesti mengalami kejadian tak terduga saat foto di depan kabah

Baca Selengkapnya
Momen Lucu Najwa Shihab Kejar Truk Berisi Lukisan Wajahnya di Bak Belakang, Endingnya Bikin Tersenyum

Momen Lucu Najwa Shihab Kejar Truk Berisi Lukisan Wajahnya di Bak Belakang, Endingnya Bikin Tersenyum

Najwa Shihab bertemu truk gambar wajahnya di jalan tol, lakukan ini ke pengemudi.

Baca Selengkapnya
Ditantang Ambil Kerupuk di Meja Prabowo-Jokowi, Sikap Ria Ricis Jadi Omongan

Ditantang Ambil Kerupuk di Meja Prabowo-Jokowi, Sikap Ria Ricis Jadi Omongan

Ria Ricis terima tantangan dari Raffi Ahmad untuk ambil kerupuk di meja Prabowo-Jokowi saat makan bakso bersama.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Pelipis Pj Gubernur Papua Berdarah Terkena Lemparan Batu

Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Pelipis Pj Gubernur Papua Berdarah Terkena Lemparan Batu

Dalam foto yang beredar, wajah Ridwan terlihat berdarah karena mengalami luka di bagian kiri wajah tepatnya di pelipis kiri atas.

Baca Selengkapnya
Bocah Bule yang Foto Bareng Anjasmara Ini dulu Tinggal di Kontrakan, Kini Jadi Artis dan Istri Diplomat

Bocah Bule yang Foto Bareng Anjasmara Ini dulu Tinggal di Kontrakan, Kini Jadi Artis dan Istri Diplomat

Siapa yang menyangka bocah yang diejek bule kampung kini jadi orang terkenal.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

Sahabat Sream suka gak sih ketika ekspetasi mau leyeh-leyeh tapi diminta bantuan pekerjaan. Kalau perasaan kalian bagaimana?

Baca Selengkapnya