Cemas Fisik Drop, Calon Haji Bisa Konsultasi ke RS Haji Jakarta

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 27 Desember 2018 18:01
Cemas Fisik Drop, Calon Haji Bisa Konsultasi ke RS Haji Jakarta
Calon jemaah haji dapat mengecek kondisi kesehatan sembilan bulan sebelum berangkat.

Dream - Salah satu syarat penting haji yaitu mampu atau istitha`ah. Syarat ini tidak hanya meliputi kemampuan finansial semata, namun juga kondisi fisik.

Untuk membantu memperoleh syarat tersebut, Rumah Sakit Haji Jakarta membuka Pusat Pelayanan Terpadu Kesehatan Haji dan Umrah (P2TKHU). Pengelola P2TKHU RS Haji Jakarta, Didi Riyadi mengatakan, layanan ini dibuka agar calon jemaah haji dan umroh dapat mencapai kondisi istitha`ah secara fisik.

" Berbeda dengan RS umum lainnya, RS Haji Jakarta memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembinaan kesehatan bagi calon jemaah haji dan umroh," ujar Didi, dikutip dari laman kemenag.go.id, Kamis, 27 Desember 2018.

Didi mengatakan, P2TKHU menyediakan layanan konsultasi, pengecekan kesehatan, hingga terapi untuk meningkatkan daya tahan (endurance) fisik calon jemaah haji dan umroh.

" Jemaah haji Indonesia kita tahu kebanyakan adalah lansia, yang rata-rata sudah memiliki penyakit degeneratif. Hal ini yang kita bantu untuk mengurangi risikonya dan berusaha meningkatkan endurance para calon jemaah ini," kata dia.

Setiap pasien yang mengalami kondisi kesehatan yang buruk tak buru-buru divonis dilarang berangkat haji atau umroh. RS Haji, kata dia, akan melakukan pengecekan kesehatan dan terapi untuk meningkatkan daya tahan calon jemaah umroh atau haji.

Sebagai persiapan, Didi menyarankan jemaah haji atau umroh datang ke RS Haji Jakarta untuk mengontrol kesiapan fisiknya minimal sembilan bulan sebelum keberangkatan. RS Haji kemudian akan memantau perkembangan calon jemaah haji tersebut tiap bulannya.

" Bila belum mencapai syarat istitha`ah, ada waktu bagi kita untuk melakukan terapi. Bila kondisinya sudah bagus, kita akan berikan latihan-latihan yang bertujuan menjaga kestabilan kondisi tersebut," ucap dia.(Sah)

Beri Komentar