Heboh Danau di Turki Berubah Warna

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 27 Juli 2015 08:30
Heboh Danau di Turki Berubah Warna
Semula berwarna biru, hijau atau coklat tiba-tiba berubah menjadi pink. Warga penasaran.

Dream - Sebuah danau garam di Turki yang semula berwarna biru, hijau atau coklat tiba-tiba berubah menjadi pink atau seperti 'darah'. Terletak di wilayah Anatolia tengah, Tuz Gola adalah danau garam terbesar kedua di Turki.

Namun perubahan warna tersebut ternyata disebabkan sejenis alga bernama Dunaliella salina yang tertarik berkembang biak secara besar-besaran di air asin.

Ditambah lagi dengan datangnya musim panas yang berpotensi mengeringkan danau garam tersebut.

" Karena danau kehilangan air, salinitas semakin tinggi dan membunuh banyak plankton yang biasanya memakan alga merah ini," kata profesor Christopher Gobler dari Stony Brook University yang melakukan penelitian ekologi laut kepada ABC News, dikutip Dream dari laman Al Arabiya, Senin 27 Juli 2015.

Gobler mengatakan, selama musim panas, danau tersebut sering dikunjungi wisatawan. Mereka dapat berjalan di dataran garam sampai air kembali lagi saat musim dingin tiba.

" Saya tidak akan merekomendasikan minum air danau ini, tetapi beberapa orang sengaja menanam alga Dunaliella salinas karena sifatnya yang antioksidan," tambahnya.

Danau ini juga rumah bagi burung flamingo pink. " Alasan mengapa warna mereka pink adalah karena mereka adalah puncak rantai makanan, yang dimulai dari alga Dunaliella salina ini," kata Gobler.

" Alga ini akan dimakan oleh plankton, yang kemudian dimakan oleh ikan dan organisme lainnya. Selanjutnya, mereka dimakan oleh flamingo."

Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa