Darurat Corona, Masyarakat Diminta Tunda Akad Nikah

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 3 April 2020 17:00
Darurat Corona, Masyarakat Diminta Tunda Akad Nikah
Pelaksanaan akad nikah hanya dilayani bagi calon pengantin yang sudah mendaftarkan diri sebelum 1 April 2020

Dream - Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama menerbitkan surat edaran baru terkait protokol pelayanan bimbingan masyarakat Islam selama pandemi Covid-19. Edaran yang ditujukan ke Kepala Kanwil Kemenag Provinsi dan penghulu itu antara lain mengatur layanan publik di KUA.

Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin, berharap masyarakat dapat menunda atau menjadwal ulang rencana pelaksanaan akad nikahnya selama darurat Covid-19.

" Kami telah menerbitkan edaran baru per 2 April 2020. Permohonan pelaksanaan akad nikah di masa darurat Covid-19 untuk pendaftaran baru tidak dilayani. Kami meminta masyarakat untuk menunda pelaksanaannya," kata Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat 03 April 2020.

Meski demikian, Kamaruddin Amin memastikan pendaftaran layanan pencatatan nikah tetap dibuka. Tetapi, mekanisme pendaftarannya tidak dengan tatap muka di KUA, tapi secara online melalui laman simkah.kemenag.go.id

1 dari 4 halaman

Hanya Melayani Pendaftaran Sebelum 1 April

Hanya saja, pelaksaan akadnya tidak dalam masa darurat Covid-19 yang akan terus di-update perkembangannya.

Di masa darurat Covid-19 ini,  kata Kamaruddin, pelaksanaan akad nikah hanya dilayani bagi calon pengantin yang sudah mendaftarkan diri sebelum 1 April 2020. Pelayanan akad nikah itu pun hanya akan dilaksanakan di KUA. Layanan di luar KUA ditiadakan.

" Aturan ini dibuat dalam kondisi kedaruratan kesehatan karena wabah Covid-19. Saya harap masyarakat bisa memahami dan menyesuaikannya," ucap dia.

" Memahami bahwa tingkat kedaruratan di tiap daerah berbeda, KUA wajib meningkatkan koordinasi, mematuhi serta menyelaraskan penyelenggaraan layanan masyarakat sesuai dengan perkembangan kebijakan Pemerintah Daerah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayahnya," ucap dia.

2 dari 4 halaman

Akad Nikah Ini Cuma Dihadiri 11 Orang, Sederhana tapi Mengharukan

Dream - Setiap calon raja dan ratu sehari pasti ingin acara akad nikahnya berjalan dengan lancar dan sempurna.

Sebagian pasangan calon pengantin bahkan bersedia menghabiskan dana yang besar hanya demi menggelar resepsi pernikahan yang mewah.

Namun tidak demikian dengan kisah dalam beberapa foto yang dibagikan akun Twitter fotografer pernikahan Bingkai Photovisuals.

Foto akad nikah yang dibagikannya terlihat sangat jauh dari kesan mewah. Akad pernikahan hanya digelar secara sederhana namun elegan.

Bahkan, saking sederhananya, akad nikah yang digelar di masjid itu cuma dihadiri oleh 11 orang saja.

 

3 dari 4 halaman

Salah satu hal lain yang menjadi pusat perhatian netizen adalah mobil yang dinaiki pengantin saat datang di pelataran Masjid Bukit Antarabangsa, Selangor, Malaysia.

Mempelai pengantin menaiki mobil buat lokal yang sudah tidak diproduksi lagi di Malaysia sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2001.

Dalam postingan itu juga disebutkan bahwa akad nikah hanya dihadiri oleh orang dekat dan keluarga saja.

 Akad nikah hanya dihadiri 11 kerabat saja.© Twitter @bingkaiphotos

Pernikahan sederhana dan elegan. (Foto: Twitter @bingkaiphotos)

" Acara sederhana dan cantik dengan kehadiran orang terdekat dan sanak saudara saja. Sederhana itu elegan. Cinta itu mudah," tulis @bingkaiphotos.

Di tulisan berikutnya, akun tersebut menyebutkan bahwa acara hanya dihadiri oleh 11 orang saja. Meski yang hadir sedikit, tapi masjid terasa penuh.

 Sederhana itu elegan. Cinta itu mudah.© Twitter @bingkaiphotos

Pernikahan sederhana dan elegan. (Foto: Twitter @bingkaiphotos)

" Acara ini hanya dihadiri oleh 11 kerabat. Tapi cinta itu sangat luar biasa, masjid terasa seperti penuh," tambah Bingkai Photovisuals.

4 dari 4 halaman

Foto Pernikahan Mengharukan, Bawa Foto Almarhumah

Dream - Sebuah foto pernikahan mengharukan menjadi viral di media sosial Malaysia. Dalam foto tersebut seorang pria berusia 50-an tahun memegang foto mendiang istrinya saat berpose di acara pernikahan putrinya.

Foto tersebut diunggah ke Facebook oleh fotografer pernikahan Mohd Hafizan Ilias pada Sabtu lalu.

Sejak itu foto tersebut menjadi sensasi di dunia maya. Sebanyak 41 ribu menyatakan tanda suka dan dibagikan kepada lebih dari 15 ribu netizen.

Hafizan, yang bekerja sebagai fotografer lepas selama hampir 4 tahun, mengatakan ia belum pernah menangkap objek yang begitu menyentuh.

Dia merasa bersyukur bisa menangkap definisi cinta sejati yang benar-benar abadi.

" Saya tidak pernah berpikir foto pernikahan itu akan menjadi viral. Tapi saya senang karena kisah mereka bisa tersebar ke orang lain dan menjadi pelajaran," katanya.

Hafizan mengatakan foto tersebut diambil pada hari Jumat, 27 Januari selama acara ijab kabul.

Ketika sudah tiba saatnya untuk foto keluarga, pria dalam foto yang dipanggil 'Pakcik Omar' oleh Hafizan, tiba-tiba mengeluarkan foto istrinya.

Menurut Hafizan, istri Pakcik Omar telah meninggal empat tahun yang lalu.

" Dia mengeluarkan foto istrinya supaya punya foto keluarga yang lengkap. Sungguh menyentuh hati saat melihatnya. Cintanya kepada istrinya begitu kuat," kata Hafizan.

" Foto bernilai seribu kata. Apa yang saya pelajari dari Pakcik Omar adalah bagaimana mencintai dengan tulus, dan menghargai cinta seseorang," tambahnya.

(Sumber: nst.com.my)

Beri Komentar