Dianggap Langgar Privasi, Hakim Iran Panggil Bos Facebook

Reporter : Ervina
Rabu, 28 Mei 2014 10:35
Dianggap Langgar Privasi, Hakim Iran Panggil Bos Facebook
Seorang hakim di Iran Selatan telah memerintahkan Mark Zukerberg yang merupakan bos Facebook untuk hadir di pengadilan untuk menjawab keluhan sejumlah penggunanya.

Dream - Keputusan Iran untuk memblokir sejumlah aplikasi milik Mark Zuckerberg nampaknya mulai memasuki babak baru. Seorang hakim di Iran Selatan telah memerintahkan pendiri Facebook tersebut untuk hadir di pengadilan untuk menjawab keluhan sejumlah penggunanya.

Seperti diketahui jika layanan Instagram dan WhatsApp yang juga merupakan milik Zuck, dianggap melanggar privasi para pengguna di Iran. Seorang pejabat bernama Ruhollah Momem Nasab seperti dilansir laman Saudi Gazette, Rabu 28 Mei 2014 mengatakan hakim juga tengah memerintahkan dua aplikasi tersebut segera diblokir dalam waktu dekat.

Dalam update terbaru yang dirilis Instagram, pengadilan Iran menganggap ada sejumlah pelanggaran privasi yang dianggap tidak sesuai dengan ketetapan yang diberlakukan di negeri Hassan Rouhani ini.

Meski kerap dilaporkan melakukan pemblokiran terhadap sejumlah layanan sosial media, namun sejumlah petinggi negara diketahui masih dapat mengaksesnya secara normal. Sebelumnya layanan Facebook, Twitter, dan Youtube sudah secara resmi diblokir untuk pengguna sipil.

Seakan tidak sejalan dengan ketetapan pemerintah, Presiden Rouhani justru bertolak belakang dan menentang keputusan pemerintah. Rouhani justru menganggap media sosial telah menawarkan cara baru untuk menjangkau negeri barat melalui upaya negosiasi dengan kekuatan dunia atas program nuklir yang hingga kini masih diperebutkan.

Selain orang nomor satu di Iran, nama Mohammad Javad Zarif yang menduduki jabatan sebagai Menteri Luar Negeri juga merupakan salah satu pengguna Twitter aktif.

Beri Komentar