Din Syamsuddin Bertemu Ketum KWI, Kuatkan Toleransi

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 1 November 2017 14:02
Din Syamsuddin Bertemu Ketum KWI, Kuatkan Toleransi
Ada tantangan kerukunan beragama dari faktor ekonomi dan politik.

Dream - Utusan Khusus Presiden Bidang Dialog Kerja Sama Antaragama dan Peradaban, Din Syamsuddin bertemu dengan Ketua Umum Konferensi Wali Gereja Indonesia Ignatius Suhariyo. Pertemuan membahas kerukunan umat beragama secara keseluruhan.

Din mengatakan, sejatinya agama mengajarkan kerukunan dan kemajemukan. Di Indonesia, kata Din, ada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang jadi modal penting untuk menghadapi tantangan berupa faktor non-agama.

" Ujian, cobaan berupa gangguan dari faktor-faktor non-agama yaitu ekonomi, politik (semoga) dapat kita atasi," kata Din, di Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2017.

Din berharap ketegangan yang memuncak akhir-akhir ini sudah mulai mereda. Rencananya, kata Din, awal tahun depan tokoh-tokoh antarumat beragama akan menggelar pertemuan untuk membahas persoalan bangsa dari hati ke hati.

" Kemudian bisa disepakati apa komitmen bersama untuk bangsa dan negara ini," kata Din.

Sementara itu Suhariyo mengapresiasi petemuan itu. Dia berharap pertemuan itu dapat membangun gerakan dan tugas mulia yang mencakup segala bidang kehidupan manusia.

" KWI akan berusaha memberi dukungan sebaiknya untuk kerja sama yang semakin erat," ucap Suhariyo.

Din berharap dialog antarpemuka agama ini dapat terealisasi hingga ke akar rumput. Dia juga meminta tanggung jawab menjaga kerukunan ini tidak hanya berasal dari pemuka agama tapi semua anak bangsa.

" Kita menyadari ada persaolan ketegangan karena gangguan politik. Kalau bisa kami lakukan, namun juga ada peran dan tanggung jawab dari negara dan parpol untuk eliminasi daya rusak dari faktor-faktor non-agama," ucap Din. (ism) 

Beri Komentar