Donald Trump Disebut Ingin Keputusan Adil untuk Warga Palestina

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 25 Juni 2019 15:12
Donald Trump Disebut Ingin Keputusan Adil untuk Warga Palestina
Membangun infrastuktur yang hubungkan Tepi Barat dan Gaza.

Dream - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, ingin warga Palestina mendapat keputusan yang adil. Keinginan itu disampaikan penasihat Presiden AS, Jared Kushner, saat meluncurkan program perdamaian Bahrain-Gedung Putih senilai US$50 miliar.

Warga Palestina kehilangan kesempatan berpartisipasi di perdamaian Timur Tengah setelah memboikot konferensi Bahrain.

" Ini adalah paket yang tangguh dan diletakkan bersama-sama. Melawan paket itu, alih-alih menerimanya, saya rasa, merupakan kesalahan strategis," kata Jared, dikutip dari Arab News, Selasa 25 Juni 2019.

Dana miliaran dolar tersebut rencananya akan dipakai untuk membangun koridor transportasi yang menghubungkan Tepi Barat dan Gaza. Tetapi, para pemimpin Palestina menolak rencana pembangunan koridor tersebut.

1 dari 5 halaman

Pemimpin Palestina Emosional?

Menurut Jared, alasan penolakan itu terlampau emosional. " Orang-orang Palestina telah terjebak dalam situasi dalam jangka waktu lama dan kami ingin menunjukkan kepada mereka, dan pemimpin mereka, ada jalan di masa depan yang menarik," ucap dia.

Jared menambahkan, keputusan Donald mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem sebagai pembuktian janji saat kampanye presiden.

" Palestina mungkin tidak menyukai keputusan tentang Yerusalem, tetapi dia (Donald) membuat janji dan melakukannya," ujar dia.

2 dari 5 halaman

Janji Meningkatkan Ekonomi Warga Palestina

Jared mengatakan, rencana Donald kedepan yaitu dapat menggandakan PDB warga Palestina dalam 10 tahun mendatang. Caranya dengan menciptakan satu juta pekerjaan, mengurangi kemiskinan hingga 50 persen, dan menekan angka pengangguran di bawah 10 persen.

" Kami percaya ini bisa dilakukan," ucap dia.

Jared menyebut, AS melakukan upaya pembangunan itu untuk `memberi solusi yang adil kepada rakyat Palestina`.

3 dari 5 halaman

Viral 4 Pria Lindungi Wanita Palestina, Bikin Hati Bergetar

Dream - Konflik Palestina dengan Israel terus berlangsung dan kian menjadi-jadi. Konflik yang sudah berlangsung 71 tahun lamanya itu menelan korban yang sangat banyak.

Bahkan saat terjadi aksi unjuk rasa besar-besaran menuntut pembebasan Palestina pada Maret silam, ratusan orang terluka. Mereka diserang militer Israel secara membabi buta.

Laman berita Al Jazeera melaporkan sedikitnya 207 rakyat Palestina terluka dalam aksi pada Maret itu. Sementara, tiga remaja Palestina, yang berusia 17 tahun, meninggal dunia.

Belakangan, viral foto yang memperlihatkan empat pria dan seorang wanita. Mereka terlihat berlari menyelamatkan diri.

4 dari 5 halaman

Heroik

Empat pria dalam foto itu tampak bergandengan tangan. Sementara seorang wanita berada di depan mereka.

Ternyata, empat pria itu tengah membentuk pagar perlindungan saat berlari. Mereka ingin menyelamatkan wanita yang ada di depannya dari tembakan sniper Israel.

5 dari 5 halaman

Didoakan Netizen

Foto tersebut diunggah di akun Facebook Friends of Rakyat Palestine pada 18 Juni. Foto tersebut telah dibagikan sebanyak 1,4 kali dan mendapat banyak tanggapan.

" Ya ALLAH..lindungi saudara kami dan berilah mereka kemenangan,"  tulis akun Rubitah Rubitah

" Lindungilah umat Islam Palestine ya Allah,"  tulis akun Mohd Aiman.

" Ya Allah sungguh mulia pengorbanan mereka,"  tulis akun Tokma Zanjabila.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone