Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Terungkap Penyebab Banjir Bandang Sukabumi, Embung Lereng Gunung Salak Jebol!

Terungkap Penyebab Banjir Bandang Sukabumi, Embung Lereng Gunung Salak Jebol! Dampak Banjir Sukabumi (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Dream - Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono, menyatakan banjir bandang yang menerjang pada Senin sore, 21 September 2020 diakibatkan jebolnya embung di lereng Gunung Salak. Hujan deras mengakibatkan volume air meningkat cepat hingga embung tidak lagi mampu menahan volume air.

"Karena hujan deras dan di sana ada embung kemudian jebol," ujar Adjo, dikutip dari Liputan6.com.

Adjo mengatakan dari informasi yang dia dapat, curah hujan yang turun sore kemarin sangat tinggi. Air yang banyak tak lagi mampu ditahan dinding embung yang akhirnya jebol dan air meluap.

"Saya belum sampai ke sana, menelusuri TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak), Perhutani. Cuma berdasarkan informasi dari tim investiasi, di sana ada semacam kolam penampungan air, jebol," kata dia.

 

Tiga Kecamatan Diterjang Banjir

Akibatnya, air yang mengandung lumpur bercampur batu dan batang pohon menerjang pemukiman warga. Tiga kecamatan terdampak banjir tersebut yaitu Cidahu, Cicurug, dan Parungkuda.

Sejumlah rumah dan sawah rusak. Dua jembatan putus dan banyak kendaraan roda dua serta roda empat hanyut terbawa arus.

Selain itu, tiga orang dilaporkan hanyut. Dua di antaranya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

 

311 Bangunan Rusak, 1.210 Warga Mengungsi

Banjir tersebut menyebabkan 311 bangunan rusak. Sedangkan sekitar 299 Kepala Keluarga atau 1.210 orang mengungsi, serta 20 korban mengalami luka-luka.

"Kita ada posko penampungan dan logistik. Tapi sebagian sudah tinggal di keluarganya," kata Adjo.

Ke depan, Pemkab Sukabumi akan menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir. Rumah warga yang mengalami kerusakan akibat banjir akan direhabilitasi.

"Sekarang sedang diinventarisir berapa jumlah korban dan rumah yang rusak ringan, sedang, dan berat sebagai acuan untuk menyalurkan bantuan," kata dia.

(sah, Sumber: Liputan6.com/Achmad Sudarno)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP