Foto Langka, Kabah Tanpa Kiswah

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 12 Desember 2017 20:02
Foto Langka, Kabah Tanpa Kiswah
Bagaimana wujud Ka'bah tanpa menggunakan Kiswah.

Dream - Foto Kabah tanpa penutupnya, Kiswah, ditunjukkan untuk publik. Laman Al Arabiya membagikan foto yang diambil pada 1940 itu. Dari foto itu nampak eksterior bata merah Kabah.

Kabah tak mengenakan Kiswah yang dibuat dengan biaya 22 juta riyal Saudi, setara Rp79 miliar rupiah. Masa pembuatan Kiswah butuh waktu selama 10 bulan.

Kiswah dibuat menggunakan sutera murni dengan berat sekitar 670 kilogram dan 10 kilogram benang emas.

Kiswah terdiri dari 47 gulungan, yang masing-masing memiliki panjang 14 meter dan lebar 95 centimeter. Di bawah sabuk Kiswah beberapa ayat Alquran yang berisi syukur dan ampunan kepada Allah.

 Kabah tanpa Kiswah© Al Arabiya

Sabuk itu dihiasi dengan bordir halus yang ditutupi dengan benang perak berlapis emas halus yang mengelilingi seluruh Ka'bah.

Manajer umum pabrik kiswah Ka'bah Mohammed Abdullah Bajuda mengatakan Kiswah baru akan dipasang saat permulaan bulan Dzulhijah. Pemasangan Kiswah merupakan upacara yang bergengsi dalam Islam.

Tiap 9 Dzulhijah, saat fajar, kiswah lama akan dilepas. Kiswah baru kemudian akan dipasang di Ka'bah. Proses ini berlanjut sampai sholat Ashar.

Kiswah lama kemudian akan disimpan oleh petugas.

Setiap membuat Kiswah baru 240 petugas dan staf administrasi bekerja di berbagai divisi. Selain itu, pabrik pembuatan Kiswah juga dilengkapi mesin jahir terbesar di dunia. (ism) 

Beri Komentar