Indonesia dan Saudi Jadi Harapan Israel Bisa Jalin Hubungan Diplomatik

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 26 Januari 2022 19:00
Indonesia dan Saudi Jadi Harapan Israel Bisa Jalin Hubungan Diplomatik
Indonesia dinilai dapat membawa pengaruh besar bagi Israel.

Dream - Israel menaruh perhatian besar dalam upaya penjalinan hubungan diplomatik dengan sejumlah negara muslim dengan dijembatani Amerika Serikat. Setelah menjalankan normalisasi dengan empat negara Muslim, Israel berharap bisa menjalin hubungan bilateral dengan Indonesia dan Arab Saudi.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, dalam wawancara dengan radio Angkatan Darat Israel. Indonesia dan Saudi menjadi harapan bagi Israel mengingat dua negara ini memiliki kedudukan sangat penting dalam komunitas Muslim.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Sedangkan Saudi adalah rumah dari dua situs suci Islam.

" Jika Anda tanya saya negara-negara mana yang kami anggap penting, Indonesia salah satunya, Arab Saudi tentu saja, tapi ini butuh waktu," ujar Lapid.

Lapid menambahkan sejumlah negara kecil tidak dia identifikasi dapat menormalisasi hubungan dengan Israel dalam dua tahun ke depan.

 

1 dari 1 halaman

Presiden Israel, Isaac Herzog, mengumumkan rencana kunjungannya ke Uni Emirat Arab yang merupakan negara pertana menormalisasi hubungan dengan Israel dalam Kesepakatan Abraham. Kunjungan itu dijadwalkan pada 30-31 Januari 2022.

Saudi tidak termasuk negara yang mengakui Kesepakatan Abraham. Meski demikian, Saudi mengizinkan penerbangan Israel-UEA melintasi wilayah udaranya pada 2020.

Pesawat El Al Israel milik Perdana Menteri Naftali Bennett terbang melintasi wilayah Saudi bulan lalu. Pesawat itu mengantarkan Bennett berkunjung ke Abu Dhabi.

Baik Saudi maupun Indonesia sama-sama mengecam serangan udara Israel di Jalur Gaza selama 11 hari perseteruan dengan milisi Palestina awal Mei 2021 lalu. Lebih dari 250 warga Palestina di Gaza terbunuh.

Sementara, tembakan roket yang dilancarkan Hamas dan sejumlah kelompok milisi Gaza menewaskan 13 warga Israel, dikutip dari Alarabiya.

Beri Komentar