Indonesian Islamic Centre-London Akan Bangun Masjid

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 12 Januari 2018 06:00
Indonesian Islamic Centre-London Akan Bangun Masjid
Harga tanah permeter mencapai Rp180 juta.

Dream - Indonesian Islamic Centre-London berencana membangun masjid di ibu kota Inggris itu. Kepala Indonesian Islamic Centre-London, Memet Purnama, mengatakan, setidaknya 3000 umat Muslim Indonesia berada di negeri Ratu Elizabeh tersebut.

“ Namun kita belum memiliki mesjid di London,” ujar Memet, melalui keterangan tertulisnya kepada Dream, Kamis 11 Januari 2018.

Memet mengatakan, saat ini ada tersedia lahan seluas 400 meter persegi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangunan masjid. Tetapi, harga permeter yang dipatok mencapai 10ribu poundsterling, atau sekitar Rp180 juta.

“ Kami membeli tanah sesuai dengan kemampuan kami,” kata Memet.

Memet mengatakan, cukup sulit mendirikan masjid di Inggris. Sebab, kata dia, masih ada stigma negatif mengenai Muslim atau Islamophobia di Inggris.

“ Kami juga telah beraudiensi dengan pemerintahan Indonesia dan mendapatkan dukungan. Namun kami tidak hanya membutuhkan dukungan moril saja,” kata Memet.

Kesulitan itu telah disampaikan ke Ketua DPD RI, Oesman Sapta, di Gedung Nusantara III Kompleks DPR-MPR, Jakarta, Kamis 11 Januari 2018.

Oesman mendukung pembangunan masjid tersebut, sebagai langkah memudahkan umat Muslim menjalankan ibadah.

“ Ini sangat bagus. Saya mendukung pembangunan mesjid ini,” kata Oesman.

Meski begitu, Oesman juga mengakui mahalnya harga tanah di London. “ Ya memang untuk harga tanah di sana sangat mahal. Berbeda dengan disini,” ujar Oesman.

Seperti diketahui, pembangunan mesjid Indonesia di London nantinya akan menjadi pertama kali. Indonesian Islamic Centre-London juga mengharapkan bantuan donasi dari umat muslim khususnya di Indonesia. Bagi Sahabat Dream yang tertarik untuk berdonasi, dapat mengecek laman ini.

Beri Komentar
Anak '90-an? Coba Tebak Judul Sinetron Ini