CONNECT WITH US!

Cari Dua Anaknya, Nenek 70 Tahun Terlunta di Jakarta

Reporter : Maulana Kautsar | Kamis, 11 Januari 2018 14:00
Nenek Mintarsih, 70 Tahun, Terlunta-lunta Mencari Kedua Anaknya Di Jakarta (Foto: Istimewa)
Warga tak mengenal dua anak yang dicari Mintarsih.

Dream - Kisah pilu dialami nenek Mintarsih, 70 tahun. Mintarsih ditemukan terlantar di kawasan Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, karena tak kunjung menemukan alamat rumah kedua anaknya yang hijrah ke Jakarta.

Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Kartini, informasi mengenai keberadaan Mintarsih awalnya diberikan anggota Polsek Tebet.

Dalam pemeriksaan, Mintarsih mengaku bertolak dari rumahnya di Kampung Gembrong RT 02 Desa Ciadeg, Cigombong, Bogor, Jawa Barat, ke Jakarta untuk menemui kedua anaknya, Mat Husin dan Mar Hasan. Seingatnya, mereka tinggal di Jakarta.

Sayangnya, nenek Mintarsih kehabisan ongkos, sebelum mencapai rumah anaknya di bilangan Setiabudi, Jakarta Selatan.

" Setelah ditanya, nenek ini sudah dua hari di Jakarta, terlantar. Ditanya rumah anaknya hanya tahu patokannya Bioskop Gembira di Jalan H Kawi, kawasan Setiabudi, sedangkan nomor telepon yang bisa dihubungi enggak ada, KTP-nya si nenek juga enggak ada," kata Kartini, Rabu 10 Januari 2018.

 Nenek Mintarsih diantar warga

Berbekal informasi tersebut, Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan mengantarkan Mintarsi ke kawasan Setiabudi.

Tetapi sayang, warga setempat hingga sesepuh di kawasan Jalan H Kawi tidak ada yang mengenal atau mengetahui keberadaan anak Mintarsih.

Besar kemungkinan, nenek Mintarsih mengalami demensia atau pikun. Sehingga tidak mengingat kejadian secara utuh.

Sebab, berdasarkan keterangan warga, pemerintah telah menggusur kawasan tersebut pada periode tahun 80an, sehingga banyak warga yang pindah.

" Menurut keterangan warga di sana, banyak warga tahun 80-an sudah kena gusur dan setelah kami tanyakan keberadaan anaknya Mat Husin dan Mar Hasan tidak seorang pun yang mengenalinya. Tidak tahu pindah ke mana," kata Kartini.

Saat ini Dinas Sosial Jakarta Selatan membawa Mintarsih ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur, sebelum dipulangkan ke tempat tinggal asalnya.

Bagi pihak keluarga atau masyarakat yang mengenal nenek Mintarsih dapat segera menghubungi Dinas Sosial DKI Jakarta lewat medsos Twitter @DinsosDKI1 nomor telepon 08568258990.

Destinasi wisata baru 2018 di Indonesia