Inilah yang Dilakukan dan Dirasakan Roh usai Lepas dari Raga

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 9 Juni 2021 11:02
Inilah yang Dilakukan dan Dirasakan Roh usai Lepas dari Raga
Bagaimana kondisi ruh kita jika telah meninggal dunia? Apa yang akan dilakukan ruh? Apa yang mereka rasakan? Penjelasannya sudah berdasarkan dari berbagai hadis-hadis Rasulullah SAW.

Dream - Rasulullah SAW telah banyak menerangkan tentang segala sesuatunya berkaitan dengan ruh ketika ia lepas dari raga manusia. Bagaimana kondisi roh kita jika telah meninggal dunia? Apa yang akan dilakukan roh? Apa yang meteka rasakan? Penjelasannya sudah berdasarkan dari berbagai hadis-hadis Rasulullah SAW.

" Allah SWT menjadikan roh mereka dalam bentuk seperti burung berwarna kehijauan. Mereka mendatangi sungai-sungai Surga, makan dari buah-buahannya, dan tinggal di dalam kindil (lampu) dari emas di bawah naungan ‘Arasy’." (HR. Ahmad, Abu Daud dan Hakim)

Sejatinya Orang-orang yang telah meninggal dunia akan saling kunjung-mengunjungi antara yang satu dengan yang lainnya.

1 dari 5 halaman

Rasulullah SAW bersabda;

" Roh akan menjadi seperti burung yang terbang, bergelantungan di sebuah pohon, sampai jika datang hari kiamat, setiap roh akan masuk ke dalam jasadnya masing-masing." (HR. Ahmad dan Thabrani)

Orang yang telah meninggal dunia akan mengetahui bagaimana keadaan dan perbuatan orang yang masih hidup, bahkan mereka merasakan kesedihan atas perbuatan dosa orang- orang terdekat seperti keluarga yang masih hidup. Namun sebaliknya akan merasa gembira atas amal perbuatan baik yang mereka lakukan.

2 dari 5 halaman

Rasulullah SAW bersabda;

" Sesungguhnya perbuatan kalian diperlihatkan kepada karib-kerabat dan keluarga kalian yang telah meninggal dunia. Jika perbuatan kalian baik, maka mereka mendapatkan kabar gembira, namun jika selain daripada itu, maka mereka berkata: Ya Allah, janganlah engkau matikan mereka sampai Engkau memberikan hidayah kepada mereka seperti engkau memberikan hidayah kepada kami." (HR. Ahmad)

Tak tanya amal dan perbuatan baik yang membuat roh orang yang sudah meninggal senang, roh juga akan senang jika ada orang yang menziarahinya. Dan sebaliknya merasa sedih kepada orang yang tidak menziarahinya.

Rasulullah SAW bersabda; " Tidak seorangpun yang mengunjungi kuburan saudaranya dan duduk kepadanya (untuk mendo’akannya) kecuali dia merasa bahagia dan menemaninya hingga dia berdiri meninggalkan kuburan itu." (HR. Ibnu Abu Dunya)

3 dari 5 halaman

Ketika Tidur Roh Kamu Keluar dan Pergi Ke Tempat Ini

Dream - Tidur adalah waktunya istirahat di mana kita tahu bahwa otak dan tubuh kita semuanya mengambil waktu rehat setelah bekerja seharian.

Namun, tidur juga kerap dianggap sebagai kematian kecil yang terjadi pada manusia karena dalam saat kita tidur, kita berada dalam keadaan tidak sadar.

Diketahui juga bahwa roh kita akan meninggalkan tubuh kita yang tengah terbaring di atas tempat tidur. Yang membuat penasaran dan membuat orang bertanya-tanya adalah jika memang benar roh kita pergi saat kita tidur nyenyak, ke mana ia akan pergi?

Dalam Alquran dipenjelaskan, di mana Allah menyatakan firman-Nya bahwa jiwa seseorang dipegang Allah ketika matinya orang tersebut dan jiwa seseorang juga dipegang oleh-Nya meskipun belum mati dan pada waktu istirahat dalam tidur.

Jiwa orang tersebut ditahan oleh Allah yang sudah Ia tetapkan kematiannya dan jiwa yang lain pun akan dilepaskan oleh Allah hingga waktu yang sudah ditentukan.

4 dari 5 halaman

Kita manusia menjadi tahu betul ke mana roh pergi saat manusia tidur. Jadi, roh kita bukan jalan-jalan ke mana saja secara sembarangan tapi memang jiwa kita dipegang secara aman oleh Sang Pencipta kita sendiri. Oleh karena itu seharusnya kita tidur seperti yang disabdakan oleh Rasulullah.

“ Seseorang yang bangun dari tempat tidurnya, dan kembali lagi, kainnya harus dikibas-kibaskan sebanyak tiga kali sebelum bera**ak melanjutkan tidur dan naik ke atas tempat tidur lagi. Sebenarnya, orang tersebut tidak pernah tahu apa yang terjadi ketika dia meninggalkannya. Kemudian jika membaringkan tubuh, disarankan untuk membaca doa khusus menyebut nama Allah yang intinya berserah diri kepada Allah dan mempercayakan hidup sepenuhnya di tangan-Nya yang memelihara hamba-hamba-Nya yang shalih.”

Untuk kamu yang beragama Islam, sebelum tidur ada baiknya melakukan wudhu lebih dahulu. Selain menjaga kamu dari gangguan jin jahat, kamu juga akan mendapatkan perlindungan dari Allah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kemana roh kamu akan pergi saat tidur.

(Sumber: Palingseru.com)

5 dari 5 halaman

Benarkah Roh Orang Meninggal Bisa Datangi Keluarga?

Dream - Sering kita dengar cerita-cerita aneh seputar kematian seseorang beredar di masyarakat.

Misalnya, ada seseorang yang merasa didatangi arwah anggota keluarganya yang meninggal, ada cerita seseorang yang mencium wangi parfum anggota keluarganya yang telah meninggal, dan lain sebagainya.

Lantas apakah kisah-kisah tersebut hanya mitos ataukah benar roh seseorang yang telah meninggal bisa mendatangi keluarganya? Berikut ulasannya.

Hubungan roh dengan orang yang hidup terbagi menjadi tiga jenis. Pertama, pertemuan roh orang yang telah meninggal dengan roh orang yang masih hidup di alam mimpi.

Kedua, Allah memperlihatkan keadaan keluarga yang masih hidup kepada beberapa orang yang telah meninggal. Ketiga, roh orang yang meninggal mendatangi keluarganya di alam nyata.

Lalu benarkan roh bisa mendatangi keluarga? Selengkapnya baca di sini. 

Beri Komentar