Jamaah Umroh dari Berbagai Negara Terjangkit MERS

Reporter : Kusmiyati
Senin, 5 Mei 2014 10:15
Jamaah Umroh dari Berbagai Negara Terjangkit MERS
Saat ini sudah ditemukan lebih dari 300 orang yang terjangkit kasus virus yang disebabkan kelelawar dan unta ini.

Dream - Jumlah kasus Middle East Respiratory Syndrome-coronavirus (MERS-CoV) di Arab Saudi kian hari semakin meningkat. Saat ini sudah ditemukan lebih dari 300 orang yang terjangkit kasus virus yang disebabkan kelelawar dan unta ini. Termasuk jamaah umroh dari berbagai negara yang diketahui terjangkit virus ini. 

" Informasi terakhir sudah ada sekitar 300 kasus MERS. Itu jamaah (umroh) dari seluruh dunia," kata Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti saat berbincang dengan Dream.co.id Senin 5 Mei 2014.

Situs Kementerian Arab Saudi merilis kasus MERS terus mengalami peningkatan sampai per 3 Mei 2014. Dari informasi terkini tercatat, ditemukan lagi 15 kasus MERS di Arab Saudi. Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyebut kasus baru itu diketahui berada di Riyadh, kota pantai Jeddah dan Mekkah.

Melihat kondisi ini, Ali Ghufron berharap para jamaah haji atau umroh memikirkan kesehatan sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah. " Sebelum berangkat ke Mekah harus benar-benar fit. Kalau memiliki riwayat penyakit kronis sebaiknya konsultasi ke dokter, terapkan juga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS," kata Ali Ghufron.

Tujuh kasus baru dilaporkan pada Jumat di Arab Saudi. Sehingga jumlah kasus itu di Saudi melonjak menjadi 378 kasus, termasuk 107 kematian sejak penyakit itu ditemukan pada September 2012.

Beri Komentar