3 Zona Hijau Covid-19 Bali Dibuka Penuh Untuk Turis

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 16 Maret 2021 19:01
3 Zona Hijau Covid-19 Bali Dibuka Penuh Untuk Turis
Ubud, Sanur dan Nusa Dua diproyeksikan menjadi kawasan pariwisata percontohan di tengah pandemi Covid-19.

Dream - Presiden Joko Widodo menyatakan kegiatan di tiga daerah di Bali akan dibuka penuh untuk mendatangkan wisatawan. Ketiga daerah yang dimaksud adalah Ubud, Kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, dan Sanur yang tengah ditata untuk menjadi zona hijau Covid-19.

" Saya melihat di Provinsi Bali ini kita ingin konsentrasi di tiga zona hijau yang telah ditetapkan yaitu di Ubud, di Sanur, ketiga di Nusa Dua," ujar Jokowi saat meninjau vaksinasi massal di Gianyar, Bali, disiarkan channel YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap tiga daerah ini dapat menjadi zona hijau sehingga saat dibuka akan membuat turis merasa aman dan nyaman. Lebih jauh penetapan ini akan membuat pariwisata di Bali kembali menggeliat.

Dalam pelaksanaannya nanti, kata Jokowi, evaluasi akan dijalankan secara rutin. Baik di tiga daerah ini maupun seluruh Bali.

" Kita berharap proses vaksinasi ini akan berjalan terus sampai nanti sesuai dengan target yang telah kita berikan angka-angkanya," kata Jokowi.

1 dari 1 halaman

Jika penyebaran Covid-19 pasca-vaksinasi menurun, Jokowi mengatakan tahap selanjutnya adalah desain ulang sektor pariwisata oleh setiap pemerintah daerah di Bali. Diharapkan satu per satu destinasi wisata dapat kembali menerima pengunjung.

" Apabila nanti sudah kelihatan penyebaran Covidnya landai, menurun, kemudian hilang dengan tahapan yang nanti didesain baik provinsi maupun kabupaten/kota, maupun nanti dari pusat kita akan memulai satu persatu pembukaan di ekonomi khususnya sektor pariwisata di Provinsi Bali agar kembali posisi normal," kata Jokowi.

Namun demikian, Jokowi mengatakan masih ada tahapan yang perlu dilalui agar kondisi normal kembali khususnya di Bali. Dia mengingatkan semua pihak tetap waspada serta mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

" Kita harapkan dengan semakin banyaknya masyarakat yang telah divaksinasi nanti akan terjadi herd immunity yang kita harapkan setelah terbentuk kekebalan komunal lanjut, penyebaran Covid bisa kita hambat, bisa kita kurangi bahkan bisa kita hilangkan," kata Jokowi.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

 

Beri Komentar