Kelab Tempat Berdansa Pasien Corona Asal Depok Bakal Ditutup?

Reporter : Eko Huda S
Senin, 2 Maret 2020 15:10
Kelab Tempat Berdansa Pasien Corona Asal Depok Bakal Ditutup?
Tim kesehatan telah melakukan tracking ke sejunmlah tempat, termasuk ke kelab tersebut.

Dream - Pasien terinfeksi virus Corona, Covid-19, yang tengah diisolasi di Rumah Sakit Sulianti Saroso pernah pergi ke sebuah kelab di Jakarta. Meski demikian, pemerintah menyatakan tidak akan menutup tempat hiburan tersebut.

" Tidak langsung ditutup," kata Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, saat menggelar jumpa pers di Jakarta, Senin 2 Maret 2020.

Salah satu pasien diketahui berdansa di sebuah kelab malam di Jakarta bersama temannya, orang Jepang yang tinggal di Malaysia. Tim kesehatan telah melakukan tracking ke sejunmlah tempat, termasuk ke kelab tersebut.

" Kita cek semua pegawainya, tidak semua kontak terinfeksi," ujar Terawan.

Menurut Terawan, masyarakat harus berpikir rasional. Sehingga tidak menimbulkan kepanikan. " Kita harus rasional, tidak dengan panik, tidak dengan khawatir," kata Terawan.

1 dari 4 halaman

Begini Kondisi 2 Orang yang Serumah dengan 2 Pasien Corona di Depok

Dream - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan bahwa dua pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, Covid-19, tinggal di Depok, jawa Barat, bersama dua anggota keluarga lainnya. Namun, hanya dua pasien tersebut yang dinyatakan positif terinfeksi.

" Jadi di rumahnya ada empat orang, yang dua tidak ada gejala," kata Terawan saat konferensi pers di Jakarta, Senin 2 Maret 2020.

Menurut Terawan, tim dokter Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara, sudah memeriksa dua orang yang tinggal serumah dengan dua pasien tersebut. Keduanya dinyatakan sehat.

Karena dinyatakan negatif virus Corona, tambah Terawan, dua orang yang tinggal bersama kedua pasien itu tidak akan ikut diisolasi. Mereka diperbolehkan pulang.

" Sudah diminta ke sini, kami cek. Kalau kondisinya tidak apa-apa, ngapain kita tahan," tambah Terawan.

2 dari 4 halaman

Terawan menambahkan, tidak semua yang melakukan kontak dengan orang terpapar virus Corona positif terinfeksi. Bila kondisi tubuhnya bagus, kemungkinan besar tidak akan turut terinfeksi Covid-19. "

" Makanya tadi saya sampaikan tidak semua orang yang kontak itu jadi sakit," kata Terawan.

Dia meminta masyarakat tidak panik dengan penyebaran virus Corona. Dia hanya mengimbau masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh.

" Kita rasional jangan irasional, jangan membuat permasalahan baru. Janga meniru negara lain yang membuat heboh," tutur Terawan.

3 dari 4 halaman

Begini Kondisi 2 Pasien Corona Asal Depok

Dream - Dua pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, Covid-19, dinyatakan dalam kondisi baik. Pasien yang merupakan ibu dan anak asal Depok, Jawa Barat, tersebut saat ini masih dalam perawatan Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

" Jadi saya sudah cek pasein kondisi baik, tidka sesak, makan baik, hape-hapean sendiri bisa. Kondisi sehat dia," kata Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, saat konferensi pers di Jakarta, Senin 2 Maret 2020.

Menurut Terawan, kedua pasien yang terinfeksi virus Corona setelah melakukan kontak dengan warga negara Jepang itu telah diisolasi. Ditempatkan di ruangan yang berbeda dengan pasien lainnya.

4 dari 4 halaman

" Dia di ruang isolasi, terpisah gedungnya, yang memenuhi standar rujukan nasional untuk penyakit infeksi," ujar Terawan.

" Dua-duanya sehat. Ssama ndak ada panas, batuk sedikit saja," tambah dia.

Kesehatan kedua pasien ini, tambah Terawan, akan dipantau perkembangannya dalam lima hari kedepan. Bila kondisinya membaik, mereka akan dipulangkan.

" Kita lihat kondisi badannya, kalau sehat ya kita pulangkan. Enggak ada apa-apa berarti kan sehat," tegas Terawan.

Beri Komentar