Keracunan Darah Akibat Luka Memakai High Heels, Model Cantik Hampir Meninggal

Reporter : Sugiono
Kamis, 15 Agustus 2019 08:00
Keracunan Darah Akibat Luka Memakai High Heels, Model Cantik Hampir Meninggal
Dia tidak menyangka hal yang begitu remeh bisa menyebabkan masalah yang serius.

Dream - Gemma Downey, model 23 tahun dari Sussex Barat, Inggris, hampir meninggal dunia gara-gara sepatu high heels bertali yang dipakainya.

Bukan karena terpeleset saat memakai sepatu, tetapi akibat keracunan darah akibat luka yang ditimbulkan oleh tali high heels tersebut.

Saat sedang berjalan pada suatu hari, Gemma merasakan tali sepatu bergesekan dengan tumitnya. Saat memeriksa, dia melihat ada lepuh kecil di bagian belakang kakinya itu.

Namun, saat itu dia tidak menganggapnya sebagai hal yang serius. Dia tahu itu adalah lepuh sebelumnya, yang mungkin disebabkan oleh sepatu baru.

Gemma hanya menempelkan plester di atas lepuh kecil itu dan melanjutkan kehidupan seperti biasanya.

1 dari 4 halaman

Berjalan Pincang dan Terasa Sakit dari Biasanya

Namun lama-kelamaan, Gemma merasakan sakit di bagian tumit, terutama saat dipakai berjalan.

Padahal, dia tidak selalu memakai high heels setiap hari. Terkadang dia juga memakai sepatu bersol datar.

Selain itu, lepuh kecil di tumitnya juga berubah warna menjadi sedikit oranye. Parahnya lagi, dia juga mulai berjalan pincang.

" Saya mulai berjalan pincang dan terasa lebih sakit daripada biasanya. Kaki saya bengkak dari pergelangan kaki ke atas. Rasa sakitnya sangat mengerikan," katanya.

2 dari 4 halaman

Memperlihatkan Gejala Keracunan Darah

Dalam kondisi demikian, Gemma memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Tapi dokter hanya memberikan antibiotik untuk mengatasi sakit di tumitnya.

Akibatnya, sakit di bagian kaki Gemma tidak mengalami kemajuan yang berarti. Karena itu dia pergi ke Rumah Sakit Worthing.

Meski Gemma sudah periksa di ruang gawat darurat rumah sakit, dokter tetap tidak bisa menemukan masalahnya.

Namun, ketika muntah-muntah keesokan paginya, Gemma segera ke dokter dan diberitahu bahwa dia memperlihatkan tanda-tanda awal keracunan darah.

Oxford Dictionary menjelaskan keracunan darah atau sepsis adalah kondisi serius akibat mikroorganisme berbahaya yang hidup dalam darah atau jaringan tubuh lainnya.

Ketika tubuh memberi respons tentang keberadaannya, malah menyebabkan berbagai masalah seperti tidak berfungsinya organ, syok, dan bahkan kematian.

3 dari 4 halaman

Tidak Hanya Keracunan Darah

Selain sepsis, dokter juga menemukan adanya infeksi bakteri kulit yang mematikan pada diri Gemma.

" Saya merasakan sakit di sekujur tubuh dan dada. Saya juga sulit bernapas. Saya tahu ada sesuatu yang salah pada diri saya," katanya.

Tidak hanya itu. Gemma merasa jantungnya berdetak kencang. Tekanan darahnya menurun dan suhu badannya tinggi.

Dokter mengatakan Gemma beruntung karena kondisi yang mematikan tersebut bisa segera terdeteksi dan tertangani.

Karena, jika dibiarkan lebih lama lagi, maka keracunan darah dan infeksi kulit itu bisa menyebar ke seluruh tubuhnya.

4 dari 4 halaman

Bahaya Luka Lepuh Akibat Pakai High Heels

Pekerjaan Gemma sebagai model kemungkinan akan terpengaruh karena dia tidak bisa mengenakan apa pun selain sandal jepit dan selop selama tiga bulan ke depan.

Tetapi, sementara itu, dia ingin berbagi tentang kondisinya dan menyadarkan orang-orang tentang tanda-tanda dan bahaya sepsis.

" Saya ingin para wanita di luar sana agar waspada jika menemukan luka lepuh saat memakai high heels. Jika merasa buruk dengan luka itu, segera periksa ke dokter," katanya.

Di balik semua itu, Gemma merasa beruntung kondisinya segera terdeteksi. Dia juga tidak menyangka hal yang begitu remeh bisa menyebabkan masalah yang serius.

Sumber: World of Buzz

Beri Komentar