Jalan 25 Meter, Kakek 99 Tahun Kumpulkan Rp200 M Untuk Donasi Covid-19

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 17 April 2020 08:01
Jalan 25 Meter, Kakek 99 Tahun Kumpulkan Rp200 M Untuk Donasi Covid-19
Meski hanya 25 meter berjalan, itu bukan perkara mudah bagi Moore.

Dream - Usia tak menghalangi Tom Moore untuk melakukan kebaikan. Di usia yang tak lagi muda, 99 tahun, Moore tetap semangat mengumpulkan donasi untuk tim medis yang menangani pasien positif Covid-19 di Inggris.

Dikutip dari Channel News Asia, Moore merupakan veteran berpangkat terakhir kapten. Dia pernah diterjunkan di India saat Perang Dunia II terjadi.

Moore menggalang dana dengan melakukan tantangan berjalan kaki sebanyak 100 kali di kebunnya. Dia menetapkan target berjalan sepanjang 25 meter di sekitar kebunnya sebanyak 100 kali.

Tantangan ini dia lakukan untuk merayakan ulang tahunnya ke-100 yang jatuh akhir April nanti. Sekaligus untuk menggalang dana agar dapat membantu tenaga medis.

Berjalan 25 meter sebanyak 100 kali bukan perkara mudah bagi Moore. Ini mengingat fisiknya yang telah rapuh, dan membutuhkan alat bantu agar bisa berjalan.

 

1 dari 5 halaman

Awalnya Cuma Target Rp9 Juta

Awalnya, Moore hanya bertujuan menggalang dana sebesar 500 ribu poundsterling, setara Rp9 juta, dengan berjalan-jalan di kebunnya di Bedfordshire. Tetapi yang didapat malah berkali-kali lipat dari target yang diharapkan.

Menantu laki-lakinya, Colin Ingram, mengatakan Moore ingin memberikan sesuatu setelah menerima perawatan hebat dari National Health Service (NHS) ketika tulang pinggulnya patah dua tahun lalu.

" Itu (berjalan-jalan) merupakan sesuatu yang kami lakukan di kebun untuk membuatnya bangkit setelah pemulihan dari operasi pinggulnya," kata Ingram.

Foto Moore dengan medali perwira militer Perang Dunia II, kini telah tampil di program-program berita dan halaman terdepan majalah di Inggris. Beritanya juga telah jauh terdengar hingga AS, Prancis dan Australia.

Menggalang dana untuk NHS telah memberikan Moore kehidupan dan tujuan hidup baru. Moore butuh beberapa putaran lagi untuk mencapai target pada Kamis pagi.

" Dia turun di pagi hari dengan sigap dan menyukainya. Jika masyarakat ingin terus menyumbang maka dia akan terus berjalan," kata Ingram.

2 dari 5 halaman

Kakek 99 Tahun Veteran Perang Dunia II Sembuh dari Covid-19

Dream- Seorang kakek berusia 99 tahun mantan veteran Perang Dunia II di Brasil sedang ramai diberbincangkan berbagai media asing. Pria tersebut bernama Ernando Piveta dengan pangkat terakhir letnan dua.

Kakek Piveta menjadi viral karena dia menjadi Ia merupakan seorang Veteran Perang Dunia II yang telah dinyatakan sembuh dari covid-19 yang menularinya 6 April lalu.

Sebelumnya Piveta dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Bersenjata di Brasilia karena menunjukkan gejala covid-19. Kecurigan tersebut terbukti setelah hasil tes menunjukkan Piveta positif covid-19. Mengingat usianya yang hampir satu abad, piveta mempunyai kesempatan kecil untuk sembuh.

Namun Tuhan berkehendak lain. Piveta menjadi orang tertua di Brasil yang sembuh dari covid-19.

Ini merupakan perjuangan yang hebat untuk seorang berusia 99 tahun. Sejauh ini Brasil mencatat 1.532 kasus kematian dan menjadi negara yang paling terdampak Covid-19 di antara negara-negara Amerika Latin.

3 dari 5 halaman

Ernando Pevita Seorang Veteran Perang Dunia II yang Dinyatakan Covid-19

 

 veteran Brasil© Ilustrasi foto : eb.mil.br

Piveta bertugas di resimen artileri keempat tentara, yang dilatih di Dakar pada tahun 1942. Ia merupakan orang yang berjasa saat Brasil menang dalam perang melawan Sekutu. Pada 6 April 2020, Anggota Pasukan Ekspedisi Brasil ini harus dilarikan ke Rumah Sakit das Forças Armadas atau Rumah Sakit Angkatan Bersenjata Brasil karena terinfeksi covid-19.

 

 veteran Brasil© Ilustrasi foto : eb.mil.br

Rupanya kakek ini adalah pejuang yang Tangguh. Setelah 8 hari di rawat secara intensif di Bangsal Covid, Ia pun dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah.

4 dari 5 halaman

Penghargaan untuk Ernando Pevita

 veteran Brasil© Ilustrasi foto : eb.mil.br 

Kesembuhan Pevita pun disambut bahagia oleh sejumlah tenaga medis dan para militer di Brasil. Kepulangan Pevita disambut seruan terompet dan tepuk tangan dari para tenaga medis yang bertugas.

 Veteran 99 tahun© Ilustrasi foto : eb.mil.br

 

Dengan mengenakan topi hijau tentaranya, Ia mengangkat tangan ke udara untuk ucapkan terima kasih kepada para tenaga medis yang telah merawatnya hingga pulih. Momen haru tersebut diabadikan oleh sejumlah orang hingga ramai diperbincangkan di sosial media.

5 dari 5 halaman

Dijadikan ‘Kebanggan Nasional’

Momen kepulangan Ernando Pevita yang telah pulih dari covid-19 menjadi ramai di media sosial setelah beberapa akun resmi seperti Angkatan Darat Brasil mengunggah momen Bahagia tersebut di laman twitter.

Komando Militer Selatan, menyebut Piveta sebagai ‘Kebanggaan Nasional’, dalam unggahannya Ia menulis, " Pahlawan perang veteran Angkatan Ekspedisi Brasil-FEB Ernando Piveta, 99 tahun, setelah 8 hari diinternir di Rumah Sakit das Forças Armadas karena infeksi #COVID19 telah dinyatakan sembuh bertepatan dengan peringatan 75 tahun kampanye pasukannya yang berhasil dalam Pertempuran Montese di Italia selama Perang Dunia II,” tulisnya.

 kakek veteran brasil© Ilustrasi foto : republicworld

(Sumber: https://www.defesa.gov.br/)

Sementara Wakil Pemerintahan Brasil menuliskan dalam unggahannya, “ Dia dulu memenangkan pertempuran, kini dia menang melawan covid-19.”

Beberapa warganet di laman twitter juga memuji kakek berusia 99 tahun itu dan menyebutnya 'pahlawan'. Sementara yang lain menulis " Selamat prajurit" , yang lain berkata, " Selamat untuk mantan pejuangyang telah sembuh dan terimakasih untuk pengorbanan yang diberikan kepada bangsa. Selamat kepada tim medis. Kalian kuat kami menghormatimu,” tulis seorang warganet.

(Sah, Sumber: republicworld.com)

 

Beri Komentar