Fakta di Balik Viral Aturan Khotbah Masjid di Bekasi

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 2 Februari 2018 16:02
Fakta di Balik Viral Aturan Khotbah Masjid di Bekasi
Salah satu pesannya, khatib diminta tidak menyampaikan khotbah lebih dari 20 menit.

Dream - Pengurus sebuah masjid di Bekasi membuat kebijakan yang cukup menarik. Mereka menyelipkan sebuah kertas dalam papan akrilik bening yang diletakkan di mimbar.

Kertas itu berisi 'aturan'. Tercetak di huruf tegak. Ditujukan kepada khatib dan penceramah yang berdakwah di Masjid Baabut Tauhid di Perumahan Kemang Pratama. Tujuannya, mengajak untuk " tetap menjaga kehormatan dan keagungan Islam di dalam khutbah atau ceramah."

Ada empat aturan, lebih tepat disebut 'permintaan', dalam kertas itu. Empat aturan itu adalah tidak mendiskredikan mereka yang berbeda paham, tidak mendiskreditkan mereka yang berbeda agama, dan tidak menjelek-jelekkan pemerintah kecuali yang sifatnya mengkritisi, serta tidak menyampaikan materi ceramah yang bersifat porno, lelucon, dan sebagainya.

Salah seorang pengurus, Ruli Metha membenarkan " aturan" itu. Menurut dia, pesan itu sudah ada sejak lama. 

" 15 tahun sudah diterapkan di situ," ucap Ruli kepada Dream, Jumat, 2 Februari 2018.

Warganet sempat heboh saat melihat aturan itu. Salah satu kehebohan diunggah jemaah yang sholat di Masjid Baabut Taubah.

Jemaah yang menggunakan nama Facebook Cacak Jowo itu menulis, " Di sini Masjid Kemang Pratama Bekasi Jawa Barat memberi tauladan kepada masjid masjid di Tanah Air juga seluruh dunia untuk menghormati sesama umat Islam dan sesama umat manusia apapun bangsamu apapun mashabmu apapun agama dan kepercayaanmu."

 

Beri Komentar