Kronologi Menhub Budi Karya Positif Corona

Reporter : Sandy Mahaputra
Sabtu, 14 Maret 2020 22:16
Kronologi Menhub Budi Karya Positif Corona
Pada awalnya, Menteri Budi dirawat dengan penyakit penyerta di sebuah rumah swasta.

Dream - Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya mengungkapkan kronologi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hingga positif covid-19

Pada awalnya, Menteri Budi dirawat dengan penyakit penyerta di sebuah rumah swasta.

" Dengan perkembangan timbul sesak napas, selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dilakukan pemasangan beberapa alat medis supaya tertangani dengan baik. Saat ini beliau dirawat di RSPAD dan tadi sore tim yang merawat nyatakan ada perbaikan," ujar Albertus di Jakarta, Sabtu malam 14 Maret 2020.

Sebelumnya Budi Karya Sumadi harus dirawat di rumah sakit setelah menderita penyakit tifus. Menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati, saat ini Menhub dalam kondisi stabil.

1 dari 5 halaman

Penuh Kegiatan

Namun, Adita tidak mengungkapkan sudah berapa lama Menhub Budi Karya menderita penyakit tersebut. Adita menilai Menhub kelelahan karena begitu padatnya kegiatan yang harus dijalani.

" Masih dalam perawatan dokter di RS," kata Adita ketika dihubungi Liputan6.com.

Dalam unggahannya di media sosial Instagram @aditairawati, Adita menyebut atasannya itu sebagai sosok pekerja keras. Dia juga menyebut bahwa Menhub Budi Karya selalu memantau progres di Kementerian Perhubungan walaupun kesehatannya belum pulih.

" Bersama pak Menteri yang juga atasan saya...

Seorang pekerja keras yang tidak kenal hari libur, bahkan Sabtu dan Minggu pun beliau ada di lapangan, memastikan semua program dan proyek sektor perhubungan berjalan dengan baik.

Seperti di akhir Februari sampai awal Maret lalu, dua hari penuh memantau berbagai proyek kereta api, bandara dan pelabuhan di berbagai kota dan kabupaten di Sulawesi. Dilanjut di hari-hari berikutnya dengan serangkaian pertemuan untuk menbahas antisipasi virus Corona di sektor perhubungan. Eh masih lanjut lagi dengan meeting2 dan acara2 lainnya. Begitu padatnya kegiatan, kadang abai pada kesehatan sendiri. Alhasil beliau harus istirahat di rumah karena gejala tifus" .

(Sumber: Liputan6/Muhammad Ali)

2 dari 5 halaman

Tercatat Sebagai Pasien Positif Corona Kasus ke-76

Dream - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif Covid-19. Budi Karya tercatat sebagai pasien positif Corona kasus ke-76.

" Atas izin keluarga yang disampaikan Pak Wakil Kepala RSPAD tadi, pasien tersebut pak Budi Karya, Pak Menhub," ujar Mensesneg, Pratikno, di RSPAD, Jakarta, Sabtu malam 14 Maret 2020.

Albertus mengatakan hasil laboratorium pemeriksaan Budi Karya menyatakan positif COVID-19. Saat ini, Budi Karya sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto.

 (Sumber: Liputan6/Rita Ayuningtyas)

3 dari 5 halaman

Pemerintah Tetapkan Status Wabah Corona sebagai Bencana Nasional Non Alam

Dream - Pemerintah menetapkan masalah virus Corona atau Covid-19 sudah menjadi bencana nasional non alam. Dengan demikian, pemerintah pusat dan daerah saling berkontribusi untuk menangani bencana tersebut.

" Sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 50 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, karena virus ini sudah dikategorikan sebagai penyakit global, maka statusnya adalah bencana nasional non alam," kata Kepala BNPB Doni Monardo di kantor BNPB, Jakarta, Sabtu 14 Maret 2020.

Doni yang ditunjuk sebagai ketua tim pelaksana percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia mengatakan, tim akan berusaha semaksimal mungkin untuk melindungi warga yang masih sehat, agar tidak tertular penyakit.

Tim juga berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menyembuhkan yang sakit. Kata dia, perlu dilakukan percepatan penanganan secara masif melibatkan seluruh sumber daya nasional melalui kolaborasi, baik pemerintah pusat maupun Pemda, akademisi, peneliti, khususnya di bidang virus, pakar dan media.

" Karena virus ini sebagai pandemik global, maka statusnya bencana non alam," ujar Doni.

(Sumber: Merdeka.com/Ronald)

4 dari 5 halaman

Update Virus Corona: Pasien Tambah Jadi 96 Kasus, Ini Daerah Penyebarannya

Dream - Jumlah warga Indonesia yang positif terjangkit virus corona baru, Covid-19, bertambah menjadi 96 kasus per Sabtu, 14 Maret 2020. Sementara 8 pasien lainnya dipastikan telah sembuh dari paparan virus tersebut.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achamd Yurianto mengatakan pasien positif virus corona yang meninggal dunia mencapai 5 orang.

" Oleh karena itu ada kasus baru sebanyak 27 kasus," ujar Achmad dalam keterangan pers pembentukan gugus tugas percepatan penanganan corona di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta.

Menurut Achmad, penemuan kasus baru virus corona tersebut diperoleh dari hasil tracking secara margin yang dilakukan tim.

" Tidak mungkin lagi melakukan tracking dengan pendekatan biasa, makanya gugus tugas ini perlu dibentuk," kata Achmad.

Terkait kasus pasien positif corona yang meninggal dunia, Achmad memastikan beberapa diantaranya disebabkan karena adanya faktor komoditi.

5 dari 5 halaman

Daerah Sebaran Virus Corona di Indonesia

Sementara pasien yang sudah terbebas dari virus corona dipastikan setelah tidak memperlihatkan indikasi adanya keluhan fisik. Pasien juga sudah dua kali menunjukan hasil negatif saat dilakkan pemeriksaan.

Seluruh pasien yang sembuh tersebut adalah warga yang dirawat di Indonesia.

" Sementara yang terpapar dan sempat dipindahkan dari kapal pesiar Jepang, sebanyak 9 orang semuanya sudah sembuh dan pulang ke tanah air," ujarnya.

Terkait pola penyebarannya, Achmad mengakui jika wabah virus corona telah ditemukan di daerah lain di luar DKI Jakarta. Kasus positif virus corona baru diketahui telah didapatkan di Jawa Barat termasuk Bandung, Jawa Tengah (Solo), DI Yogyakarta, Bali, Manado, dan Pontianak.

Beberapa daerah lain juga menemukan dugaan adanya warga yang terpapar virus corona. Namun pemerintah masih harus melakukan pemeriksaan mendalam untuk menemukan bukti yang lebih kuat.

" Ini memerlukan usaha untuk tracking lebih keras lagi," ujar Achmad.

Beri Komentar