Langkah Pemerintah Tanggapi Tragedi Mina Dinilai Sudah Benar

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 30 September 2015 17:02
Langkah Pemerintah Tanggapi Tragedi Mina Dinilai Sudah Benar
Keputusan pemerintah menunggu hasil investigasi dan tidak menuruti desakan ormas Islam untuk melayangkan protes, dinilai sebagai langkah bijak.

Dream - Sejumlah ormas Islam mendesak pemerintah mengajukan protes kepada Kerajaan Arab Saudi. Ini menyusul terjadinya dua tragedi dalam penyelenggaran haji tahun ini yang menelan korban mencapai ribuan jemaah.

Tetapi, Mantan Menteri Luar Negeri sekaligus Utusan Presiden untuk Timur Tengah Alwi Shihab berpandangan lain. Dia menilai langkah pemerintah yang memutuskan menunggu hasil investigasi atas dua tragedi tersebut sudah benar.

" Saya rasa Presiden Jokowi telah melakukan langkah yang bijak dengan menunggu hasil investigasi Arab Saudi," ujar Alwi di Jakarta, Kamis, 30 September 2015.

Alwi mengaku cukup yakin Kerajaan Arab Saudi bergerak cepat menangani tragedi yang terjadi. Bahkan, dia percaya Saudi juga segera melakukan perbaikan dalam tata kelola haji.

" Berbagai kejadian ini membuka peluang bagi perbaikan pelaksanaan haji. Mereka (Arab Saudi) berjanji kejadian semacam ini tidak terulang lagi," katanya.

Melihat musibah yang terjadi di Mina beberapa pekan lalu dia memiliki keyakinan jika kerajaan Arab Saudi akan menambah layanan haji yang lebih memadai.

" Saya yakin pemerintah Arab Saudi akan segera membuat jalan baru," jelasnya.

Beri Komentar