Masjid Ramlie Musofa, `Taj Mahal` di Tepi Kali Sunter

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 21 Juni 2016 11:02
Masjid Ramlie Musofa, `Taj Mahal` di Tepi Kali Sunter
Masjid ini sepintas mirip Taj Mahal, padahal gabungan dari tiga kebudayaan, Tiongkok, Indonesia, dan India.

Dream - Bangunan itu terlihat sebagai sebuah istana kesultanan India. Sepintas, bangunan yang berdiri di Jalan Danau Sunter Selatan Blok I10 Nomor 12C ini mirip dengan makam Taj Mahal di India.

Uniknya, bukan huruf India ataupun Arab terpampang di bagian atas masjid itu. Aksara Tiongkok berwarna emas berjajar rapi di atas latar dinding putih.

Ya, bangunan itu merupakan Masjid Ramlie Musofa. Sederetan aksara Tiongkok memang terpampang di sana, sebagai penanda pendiri masjid ini adalah mualaf keturunan Tionghoa.

Meski terlihat begitu didominasi gaya arsitektur India, masjid ini sejatinya merupakan perpaduan antara tiga budaya, Tiongkok, Indonesia, dan India. Dibangun mulai 2011 dan diresmikan pada Mei 2016 ini berdiri di atas tanah seluas 2.000 meter persegi.

Nama Ramlie Musofa yang disematkan pada masjid ini memiliki makna tersendiri. Ramlie merupakan pendiri masjid ini dan Musofa adalah singkatan nama dari ketiga anaknya, Muhammad, Sopian, dan Fabian.

Masjid ini tergolong baru. Meski begitu, ketika azan Zuhur berkumandang, banyak jemaah datang ke masjid ini. Mereka merupakan warga sekitar maupun pengendara kendaraan yang sengaja berhenti untuk sholat berjamaah.

Reporter Dream.co.id yang sempat mengunjungi Masjid Ramlie Musofa, tak bisa bertatap muka dengan pengelola Masjid. Bukan tanpa alasan. Pengelola masjid khawatir akan muncul anggapan riya dari keberadaan masjid itu. 

Jika mengunjungi Masjid Ramlie Musofa menggunakan kendaraan bermotor, kendaraan tidak bisa parkir di dalam area parkir, melainkan disediakan di depan masjid.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan