Menag Lukman Jadi Tempat Curhat Jemaah

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 26 September 2015 10:32
Menag Lukman Jadi Tempat Curhat Jemaah
"Pengalaman yang traumatik," kata Menag

Dream - Ratusan ribu jemaah haji Indonesia Jumat, 25 September 2015 malam, menjalani prosesi menginap di Mina untuk malam yang kedua. Menteri Agama yang bergabung dengan jemaah haji Indonesia, memanfaatkan kesempatan itu untuk mendengar pesan dari para jemaah haji Indonesia, terutama jamaah kloter 61 Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS 61).

" Ketika berkunjung ke sana, saya meniatkan diri untuk bisa mendengarkan curahan mereka. Tempat curhat itu penting bagi mereka yang berada dalam kondisi seperti itu," kata Menag usai berkunjung ke Maktab 7 yang ditempati jemaah asal Jawa Barat yang tergabung dalam Kloter JKS 61 di kawasan Mina Jadid, Jumat (25/09) malam.

Selain menjadi tempat berbagi kisah, Menag memang menyempatkan diri mendengar kronologis musibah Mina dari pengalaman jemaah asal Indonesia. " Pengalaman yang traumatik. Informasi yang mereka dapat simpang siur. Ini menjadikan mereka butuh tempat orang yang bisa dijadikan tempat untuk curhat. Saya memang dalam posisi seperti itu," katanya.

Untuk meringankan beban psikologis jemaah yang mengalami langsung peristiwa Mina, Menag juga meminta agar mereka bisa diantar dengan mobil saat akan melakukan lempar jumrah. " Apa yang telah disampaikan oleh jemaah adalah masukan buat kita," jelas Menag.

Menag menyampaikan telah membentuk tim yang bekerja selama 24 jam untuk bisa segera mendapatkan informasi jemaah haji yang belum diketahui keberadaannya.

" Kita tetap berupaya semaksimal dan seoptimal mungkin untuk melakukan penyisiran dan penelusuran terhadap sejumlah jemaah kita yang memang belum kembali ke kloternya masing-masing," jelasnya

Beri Komentar