Menag Minta Saudi Tak Tarik Biaya Visa Jemaah Umrah RI

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 8 November 2016 15:29
Menag Minta Saudi Tak Tarik Biaya Visa Jemaah Umrah RI
Lukman meyakinkan haji dan umrah bagi orang Indonesia bukanlah wisata, melainkan ibadah.

Dream - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meminta Kerajaan Arab Saudi tidak menarik biaya visa haji dan umrah bagi jemaah Indonesia. Lukman berusaha meyakinkan pemerintah Saudi jika jemaah haji dan umrah orang Indonesia bukanlah wisata.

Permintaan tersebut disampai Menag sampaikan bertemu Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osamah Mohammed al Shuibi kemarin, Senin, 7 Oktober 2016.

" Permohonan ini semata masukan, dorongan, dan aspirasi dari masyarakat kami, bukan bermaksud untuk mengintervensi kebijakan kerajaan," ujar Lukmnan, dikutip dari kemenag.go.id, Selasa, 8 November 2016.

Selain jemaah, pemerintah juga meminta biaya visa tidak dikenakan kepada petugas haji. Alasannya, pelaksaaan haji membutuh tenaga berpengalaman untuk memastikan sekuruh proses berjalan dengan baik.

Alasan ini pula yang membuat banyak para petugas haji adalah orang yang pernah berkunjung ke Tanah Suci. " Jika petugas haji dikenakan biaya tambahan, pastilah ini akan membebani," kata dia.

Terkait permintaan tersebut, Duta Besar Saudi al Shuibi mengapresiasi para jemaah haji Indonesia. Jemaah haji Indonesia selama ini memang dikenal sangat tertib dan disiplin.

" Indonesia menjadi bagian penting dari penyelenggaraan haji. Kami juga mengapresiasi kerjasamanya," kata al Shuibi.

" Kami berharap jemaah haji dari negara lain bisa meniru Indonesia, agar ke depan penyelenggaraan haji bisa lebih baik," ucap dia.(Sah)

Beri Komentar