Mineral Langka di Dunia Ditemukan, Harga Lebih Dari Permata?

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 18 Oktober 2018 10:00
Mineral Langka di Dunia Ditemukan, Harga Lebih Dari Permata?
Menjadi petunjuk kawah terbesar yang pernah ditemukan di bumi.

Dream - Sekelompok ilmuwan di Australia menemukan salah satu mineral terlangka di Bumi. Mineral itu ditemukan terkubur jauh di dalam kawah meteorit terbesar di Australia.

Mineral langka itu dikenal sebagai reidite itu ditemukan para peneliti Universitas Curtin di Kawah Woodleigh yang telah lama terkubur di area Shark Bay, Australia Barat, sekitar 750 kilometer dari Perth.

Dalam publikasi di Jurnal Geologi, reidite terbentuk karena proses tekanan luar biasa ketika bebatuan dari luar angkasa masuk ke permukaan tanah.

Reidite terbentuk dari mineral umum zirkon. Perubahan mineral zirkon ke reidite terjadi karena tekanan dan benturan.

Saat ini, mineral langka ini hanya bisa ditemukan hanya di enam kawah meteor yang berada di Bumi. Dilansir The Mining, dari temuan ini, tim peneliti dapat mencari tahu perubahan dramatis, Bumi usai terkena tabrakan meteorit.

 

1 dari 1 halaman

Harganya?

Pengawas penelitian, Aaron Cavosie, mencatat sampel di tengah kawah meteor Woodleigh. Temuan reidite itu sekaligus untuk membuktikan bahwa kawah itu memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang yang diketahui.

Sementara itu, dikutip dari ABC, temuan reidite itu memprediksi diameter kawah Woodleigh berukuran 60 hingga 120 kilometer.

Meski berukuran besar, kawah ini bukanlah kawah meteroit yang berdampak bagi kehidupan dinosaurus 65 juta tahun silam.

" Kawah meteor terbesar berada di Meksiko dengan diameter 180 kilometer yang berkontribusi menghancurkan dinosaurus," kata Aaron.

Aaron megnatakan, mineral langka ini memiliki nilai dan harga yang lebih ketimbang emas dan permata.

" Pencarian reidite di kawah Woodleigh cukup mengejutkan karena kelangkaannya jauh di atas permata atau emas, meski sayangnya tak berharga," kata Aaron.

 

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim