Vaksinasi Drive Thru Mulai Beroperasi, Lansia Jadi Prioritas

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 4 Maret 2021 15:00
Vaksinasi Drive Thru Mulai Beroperasi, Lansia Jadi Prioritas
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 drive thru dibuka mulai Rabu, 3 Maret 2021.

Dream - Pemerintah melakukan segala cara untuk memudahkan proses vaksinasi di Tanah Air. Salah satu terobosan yang digadang bersama mitra swasta adalah penyuntikan vaksin Covid-19 melalui fasilitas drive thru. 

Salah satu mitra swasta yang digandeng Kementeria Kesehatan (Kemkes) adalah Halodoc yang menghadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 melalui mekanisme drive thru.

Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi, Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dibuka mulai Rabu, 3 Maret 2021.

Pada tahap awal, sasaran utama adalah kelompok lansia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta. Prgram ini ditargetkan bisa mendistribusikan ribuan dosis vaksin per hari sesuai arahan pemerintah.

1 dari 3 halaman

Berharap Direplikasi Daerah Lain

Peresmian vaksinasi drive thru© Istimewa

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih, kolaborasi ini bisa dicontoh berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, target pemerintah untuk menuntaskan vaksinasi Covid-19 pada 31 Desember 2021 bisa tercapai.

" Saya kira kalau regulasinya sudah dibuat, maka bentuk seperti ini di daerah gampang direplikasikan. Kami dari IDI sangat mendukung dan berharap kalau regulasinya belum ada, untuk segera dibuat," ucap Daeng dalam Peresmian Pusat Pelayanan Vaksinasi Covid-19 melalui Drive Thru di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat yang juga disiarkan secara virtual, Rabu, 3 Maret 2021.

2 dari 3 halaman

Harapan Menkes Budi Gunadi

CEO & Co Founder Halodoc, Jonathan Sudharta mengatakan, pos layanan vaksinasi akan tersedia hingga akhir 2021. Adapun penjadwalan dapat dilakukan melalui aplikasi Halodoc dan layanan GoMed di Gojek.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin yang hadir dalam pembukaan pos pelayanan tersebut, mengapresiasi kesigapan Halodoc dan Gojek dalam mendukung program vaksinasi COVID-19 pemerintah sejak awal masa pandemi.

" Dalam melakukan edukasi hingga vaksinasi, Kemenkes tidak bisa sendirian. Kami optimis, kepercayaan masyarakat terhadap keandalan layanan Halodoc dan Gojek serta basis pengguna yang besar kami harapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, termasuk keluarga dan kerabat dekat pengguna platform yang masuk kelompok lanjut usia," tuturnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Siapkan Pelayanan Transportasi

Vaksinasi mitra gojek© Istimewa

Sementara itu, Kevin Aluwi selaku Co-Founder dan Co-CEO Gojek mengatakan, peran Gojek dalam pelayanan drive thru ini hadir memberikan pelayanan Gocar untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki kendaraan atau tidak ingin menggunakan kendaraan sendiri untuk datang ke fasilitas pelayanan vaksinasi drive thru.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar