Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Drive Thru Hadir di Jakarta

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 4 Maret 2021 12:00
Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Drive Thru Hadir di Jakarta
Pos ini menyasar lansia dan pelayan publik untuk tahap pertama penyuntikan.

Dream - Skema kerja sama menggandeng swasta digalakkan Pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Menggandeng aplikasi kesehatan Halodoc dan Gojek, Kementerian Kesehatan menghadirkan pos pelayanan vaksinasi Covid-19 drive thru untuk masyarakat DKI Jakarta.

Layanan Drive Thru ini tersedia di Kemayoran dan resmi beroperasi mulai Rabu, 3 Maret 2021. Operasional dari layanan ini dijalankan Halodoc selaku mitra resmi Kemenkes dibantu Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi.

Halodoc juga Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator. Juga mendapat dukungan dari BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

" Kita ditugaskan untuk melakukan vaksinasi kepada 181,5 juta rakyat Indonesia, Bapak Presiden meminta agar pelaksanannya selesai dalam waktu 12 bulan. Dalam melakukan vaksinasi tersebut pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, harus melakukannya bersama-sama dengan pihak semuanya," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat Peresmian Pos Pelayanan Program Vaksinasi Covid-19 Drive Thru, Rabu 3 Maret 2021.

 

1 dari 3 halaman

Kapasitas Ditingkatkan

Pemberian vaksinasi tahap pertama ini akan dikhususkan untuk para lansia 60 tahun ke atas. Juga untuk para pelayan publik, seperti ojol di seluruh DKI Jakarta.

" Secara kapasitas hari ini dan satu minggu ke depan tentunya akan meningkat beberapa kali lipat. Hari ini masih di 500 hingga 600 tapi beberapa hari ke depan akan ditingkatkan 1.000," ujar CEO & Co-founder Halodoc, Jonathan Sudharta.

Jonathan mengatakan pelaksanaan vaksinasi sendiri tidak hanya tiga atau empat hari. Pihaknya bekerja sama dengan PPKK Kemayoran untuk penggunaan lokasi selama setahun penuh.

" Dari sisi waktu akan dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 4 atau 5 sore," tambah Jonathan.

 

2 dari 3 halaman

Alur Layanan

Alur pemberian vaksinasi sendiri melewati 4 pos pengecekan. Halodoc telah menyiapkan 2 jalur untuk drive thru mobil, dan 6 jalur untuk drive thru motor.

Pada pos pertama dilakukan pengecekan janji vaksinasi melalui aplikasi dan juga data diri orang yang akan menerima vaksinasi. Petugas memastikan penerima tergolong lansia berdomisili di DKI Jakarta atau pelayan publik.

" Yang datang harus sudah booking di aplikasi Halodoc, agar tidak terjadi penumpukan dalam proses vaksinasi, nantinya akan di cek appointment-nya sudah ada atau belum pada pos 1," ujar AVP of Operation Halodoc, Samodro Bagus.

Di pos kedua dilakukan screening kesehatan seperti suhu tubuh, tekanan darah, dan saturasi oksigen. Screening kesehatan ini untuk mengetahui penerima vaksinasi siap atau tidak, memiliki riwayat sakit komorbid atau tidak, karena yang penerima vaksinasi ini adalah orang yang lanjut usia.

Usai screening kesehatan dan dinyatakan dapat menrima vaksin, pada pos tiga akan dilakukan proses vaksinasi. Untuk drive thru mobil akan dilakukan di dalam mobil, sedangkan untuk drive thru motor akan disediakan ruang khusus berisi meja dan kursi.

 

3 dari 3 halaman

Antisipasi Munculnya KIPI

Setelah vaksinasi selesai dilakukan, para penerima vaksin harus menunggu beberapa lama di pos empat untuk berjaga-jaga akan terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

" Saat divaksin perlu ada pendamping karena ditakutkan akan ada kejadian ikutan pasca imunisasi yang terjadi, jadi setelah vaksin akan ada observasi selama 30 menit, jadi peserta akan menunggu pada pos empat itu," jelas Samodro.

Bila terjadi KIPI, sudah disiapkan beberapa ambulan dari Rumah Sakit Hermina. Juga ruang ICU untuk melakukan pertolongan pertama atau penanganan darurat.

" Kita menyiapkan ambulan dan juga ruang ICU apabila terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi, itu kesiapan kami dan kita akan tambah terus SDM-SDM kita dalam menyukseskan program vaksinasi ini,” tutur Direktur keuangan dan Pengembangan Strategi Medikaloka Hermina, Aristo Setiawidjaja.

Laporan: Josephine Widya

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar