Pasien Covid-19 Membludak, RSUD Kota Bekasi Tambah 145 Tempat Tidur

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 25 Juni 2021 19:00
Pasien Covid-19 Membludak, RSUD Kota Bekasi Tambah 145 Tempat Tidur
Kusnanto mengatakan pihaknya mensiasati dengan menambah kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19.

Dream - Pengelola Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasbullah Abdulmajid di Bekasi memutuskan menambah tempat tidur isolasi hingga 145 dalam menangangi lonjakan pasien Covid 19. Namun penambahan ini tak membuat kondisi RSUD yang sudah penuh menjadi berakhir.

Seperti diketahui, laman media sosial terkejut dengan beredarnya video kondisi RSUD yang penuh dengan pasien Covid-19. Meski sudah mempersiapkan tenda darurat di areal parkir, kapasitas yang ada tak sanggup menampung lonjakan pasien baru Covid-19. 

(Baca: RSUD Kota Bekasi Penuh Pasien Covid-19, Sampai Dirawat di Jalanan

" Angka covid di Kota Bekasi memang ada peningkatan yang cukup signifikan dari 265 tempat tidur yang kota sediakan sekarang masih tidak mencukupi," kata Direktur dr RSUD dr Chasbullah Abdulmajid Kusnanto Saidi kepada wartawan, Jumat 25 Juni 2021

1 dari 4 halaman

Koordinasi dengan RS Lain

Menurut Kusnanto, meningkatnya kasus positif pasien Covid-19 membuat pihaknya sempat menyiasati dengan menambah kapasitas 100 tempat tidur di ruang IGD. Sebelumnya tempat ini dipakai sebagai ruang triase atau identifikasi awal pasien Covid-19 maupun non Covid-19.

" Ruang triasenya kita pindahkan ke tenda darurat," kata Kusnanto.

Namun, siasat tersebut tidak bisa juga memenuhi pasien yang berdatangan. Akhirnya, RSUD Bogor kembali membuka satu ruangan di lantai 1 dengan kapasitas 45 tidur dan 200 tempat tidur untuk pasien noncovid.

Meski kondisinya sudah penuh, kata dia, pihaknya tidak sampai menolak pasien yang datang. Pasien itu masuk ke ruang triase sambil menunggu hasil skrining PCR.

" Kita koordinasi terus dengan rumah sakit rumah sakit rujukan yang lainnya, rumah sakit swasta, rumah sakit tipe D supaya pasien dirujuk sudah ada hasil PCR," kata dia.

Sumber: merdeka.com

2 dari 4 halaman

RSUD Kota Bekasi Penuh Pasien Covid-19, Sampai Dirawat di Jalanan

Dream - Kondisi RSUD Bekasi makin mengkhawatirkan di tengah pandemi Covid-19. Rumah sakit tersebut kewalahan merawat pasien Covid-19.

Sebuah video beredar di media sosial, memperlihatkan suasana di halaman RSUD Kota Bekasi yang ramai pasien Covid-19. Bahkan tenda darurat yang baru dua hari didirikan sudah penuh.

Eks Gubernur Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, mengunggah kembali video tersebut. Dia mengingatkan agar masyarakat tidak lagi kendor dalam menerapkan protokol kesehatan

3 dari 4 halaman

Tenda Darurat Penuh

Video tersebut memperlihatkan sejumlah pasien yang sampai dirawat di aspal depan rumah sakit. Mereka tidak terhindar dari sengatan sinar matahari.

Tenda BNPB yang didirikan sebelumnya sudah penuh. Sehingga beberapa pasien tidak mendapat tempat yang laik.

Bahkan ada pasien yang masih berada di bak mobil pikap. Seorang perawat memakai APD terlihat sedang memantau kondisi pasien tersebut.

RSUD Kota Bekasi melalui Instagram mengumumkan per 24 Juni 2021, tenda darurat sudah mulai penuh. Masyarakat diminta untuk semakin ketat menerapkan protokol kesehatan.

" Kondisi saat ini sudah semakin gawat, patuhi selalu protokol kesehatan ya sahabat sehat! Dan kurangi keluar rumah bila kurang dirasa perlu," demikian pernyataan RSUD Kota Bekasi.

 

4 dari 4 halaman

Ini Videonya

      View this post on Instagram      

A post shared by Dr. TGB. Muhammad Zainul Majdi (@tuangurubajang)

 

Beri Komentar