Polisi Jawab Wacana Motor Bisa Kembali Lalui Jalan MH Thamrin

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 8 November 2017 05:45
Polisi Jawab Wacana Motor Bisa Kembali Lalui Jalan MH Thamrin
Polisi menilai larangan pengguna motor melintasi Jalan MH Thamrin sudah cukup baik.

Dream - Polda Metro Jaya menegaskan dukungannya jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan mencabut larangan pengguna motor kembali melewati Jalan Sudirman-Thamrin.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengatakan polisi saat ini masih akan tetap menjalankan peraturan yang ada sebelum muncul perubahan baru dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

" Saya tidak mau berpolemik, tapi selama ada peraturan gubernur yang melarang, ya petugas lalu lintas tetap melaksanakan aturan tersebut. Selama aturan itu berlaku, harus dilaksanakan," kata Halim, Selasa 7 November 2017.

Halim menilai, aturan larangan pengguna motor melintasi Jalan MH Thamrin sebetulnya cukup baik. Selain mengurangi polusi udara, pelarangan ini juga bisa membantu upaya Pemprov Jakarta yang ingin kembali menggalakan angkutan umum. 

" Itu bagus jadi mengurangi kemacetan di situ," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal memberikan kesempatan para pesepeda motor untuk melintas di Jalan Thamrin, Jakarta yang sebelumnya terlarang dilewati.

" Saya sampaikan pada semua bahwa kita menginginkan agar kendaran roda dua tetap bisa lewat Sudirman-Thamrin. Jadi rancangan yang sudah ada supaya diubah agar bisa akomodasi kendaraan roda dua," ujar Anies, dikutip dari beritajakarta.com, Selasa, 7 November 2017.

Sejak 2015, Pemprov dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta melarang sepeda motor melintas di sepanjang Jalan Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat. Larangan tersebut akan diperluas hingga Jalan Sudirman jika dinilai efektif berlaku. Tetapi, jelang masa tugasnya berakhir, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sempat meminta uji coba pelarangan sepeda motor di Jalan Sudirman ditunda. Dia meminta rencana larangan tersebut dikaji kembali.

Beri Komentar