Gagal Registrasi Kartu Ponsel? Ini Penjelasan Menkominfo

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 7 November 2017 17:30
Gagal Registrasi Kartu Ponsel? Ini Penjelasan Menkominfo
Kebanyakan masalah angka.

Dream - Menteri Komunikasi dan Indormatika, Rudiantara, menduga banyaknya warga yang gagal melakukan registrasi kartu seluler karena salah memasukkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

" Yang gagal itu pada umumnya NIK itu 16 digit, KK 16 digit, 32 digit itu memang enggak gampang. Siapa yang hafal, harus lihat betul satu-satu, kebanyakan masalahnya di situ," kata Rudiantara di Gedung Badan Pusat Statistik, Jakarta, Selasa 7 November 2017.

Masalah lain, tambah dia, karena ada gangguan pada jaringan penyedia kartu seluler tersebut. " Ada juga saat submit jaringannya tidak pas atau apa, kebanyakan masalah angka," ujar dia.

Rudiantara menuturkan, hingga hari ini, jumlah SIM card yang telah berhasil registrasi ulang sudah lebih dari empat puluh juta. " Sampai pukul delapan tadi, kurang lebih 46 juta sudah berhasil registrasi," ujar dia.

Pemerintah melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi No. 21 Tahun 2017, tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 12 Tahun 2016 terkait Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi meminta masyarakat mendaftarkan kartu seluler yang dimiliki.

Terhitung sejak 1 November 2017, masyarakat telah berbondong-bondong melakukan registrasi ulang SIM card mereka agar tidak diblokir.

Beri Komentar