Ini yang Terjadi Jika Tarik Tambang di Luar Angkasa

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 7 November 2017 12:00
Ini yang Terjadi Jika Tarik Tambang di Luar Angkasa
Apa yang terjadi saat bermain tarik tambang di luar angkasa? Normalkah, atau akan terjadi sesuatu yang sama sekali berbeda?

Dream - Ruang angkasa menyediakan beragam kemungkinan pada sains. Salah satu yang menarik untuk dicari tahu ialah, apa jadinya saat dua orang saling memainkan tarik tambang?

Koichi Wakata, astronot dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), menunjukkan reaksi fisika yang muncul saat bermain tarik tambang dengan Robert Thirsk, astronot dari Canadian Space Agency.

Keduanya melakukan percobaan di Modul Percobaan Jepang Kibo dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 2009.

Dalam sebuah video percobaan itu, Wakata dan Thirsk saling menarik menggunakan handuk. Bukannya mampu menyeret lawan, keduanya malah saling mendekat dan bertabrakan.

Juru bicara NASA, Daniel Huot, kepada Live Science, menjelaskan reaksi fisika atas eksperimen tersebut. Tenaga yang terasa, kata Huot, sangat nyata dalam gaya berat mikro ruang angkasa.

" Ketika melihat mereka menarik-narik handuk, Anda melihat kekuatan itu beraksi," kata Huot. " Anda memberi kekuatan itu di atas handuk, namun kekuatan ini akan dikembalikan kepada Anda dan Anda akan bergerak ke arah tenaga itu," kata Huot.

Keadaan ini sangat berbeda dengan bermain game yang sama ketika di Bumi.

" Ketika Anda bermain tarik tambang di Bumi, biasanya orang yang memiliki berat lebih banyak akan memenangkan pertarungan itu," kata Huot.

Tapi dalam gaya berat mikro ruang kekuatan itu akan mendorong atau menarik ke arah subjek asal.

Dalam fisika gerakan ini disebut Hukum Gerak Newton III. Setiap tindakan, ada reaksi yang sama dan berlawanan.

Dengan kata lain, kapan pun manusia menggunakan kekuatan pada objek, objek itu memberi kekuatan yang sama kembali. " Ketika Anda mendorong sesuatu di luar angkasa, benda itu akan mendorong kembali, dan itu bisa mendorong Anda menjauh," kata Huot.

Penasaran dengan videonya? Sila cek di laman ini.

Beri Komentar