Pasca Pengumuman Hasil Pemilu, Polri Tetapkan Siaga 1

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 21 Mei 2019 12:20
Pasca Pengumuman Hasil Pemilu, Polri Tetapkan Siaga 1
SOP ini dijalankan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan.

Dream - Polri menetapkan status keamanan nasional Siaga 1 usai pengumuman hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 pada Selasa dini hari tadi.

" Benar, info dari SOP (standar operasional prosedur) Siaga 1 hari ini. SOP dari Asops Kapolrinya," ujar Karopenmas Div Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, Selasa 21 Mei 2019.

Dedi menjelaskan, penetapan status siaga 1 itu untuk mengantisipasi segala macam kemungkinan terburuk yang dapat mengganggu.

" Polri tetap siaga dalam mengantisipasi segala potensi gangguan kamtibmas, yang dapat mengganggu kinerja KPU," ucap dia.

Polri mengimbau apabila ada pihak yang tidak menerima hasil pemilu, maka hendaknya mengambil langkah hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dini hari tadi, KPU telah mengumumkan pasangan Jokowi-Ma'ruf memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) dengan memperoleh suara sebanyak 85.607.362 atau 55,50 persen.

Sementara, untuk pasangan Prabowo-Sandi mendapat suara 68.650.239 atau 44,50 persen.

1 dari 6 halaman

Akses Jalan Depan KPU Ditutup, Jalur Dialihkan

Dream - Pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dini hari tadi, membuat petugas keamanan melakukan pengamanan ketat di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Akses jalan Imam Bonjol di depan gedung KPU ditutup.

Pengendara yang melintas akan dialihkan ke beberapa titik. Dikutip dari @jakarta.terkini, lalu lintas dari bundaran Hotel Indonesia menuju jalan Imam Bonjol dialihkan ke ke Jl. Sutan Syahrir dan Jl HOS Cokroaminoto.

      View this post on Instagram

A post shared by JAKARTA TERKINI (@jakarta.terkini) on

Dampak dari pengalihan tersebut terjadi kemacetan di kawasan jalan Taman Menteng. Beberapa petugas baik kepolisian maupun dari dinas perhubungan tampak berjaga di beberapa titik untuk mengatur lalu lintas.

Kemacetan panjang juga terjadi di wilayah Jakarta Timur, tepatnya dari arah Banjir Kanal Timur (BKT) menuju Casablanca. Kemacetan sudah terjadi sejak pagi tadi sekitar pukul 08 pagi. 

[crosslink_1]

2 dari 6 halaman

Ini Rute Rekayasa Arus Lalin Sekitar KPU

Sementara dikutip dari Merdeka.com, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa ataupun pengalihan lalu lintas di sekitar KPU. Ini termasuk rekayasa ataupun pengalihan arus apabila ada unjuk rasa dalam skala besar di KPU.

" Bila terjadi unjuk rasa di KPU secara besar, maka langkah lantas terhadap arus lalin dilakukan rekayasa dan penutupan arus," kata Kasubdit Gakum Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir dalam keterangan tertulis yang diterima Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Berikut rekayasa sekitar Gedung KPU yang telah disiapkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas yang dari Bundaran Hotel Indonesia, yang akan menuju Jalan Imam Bonjol ditutup dialihkan ke Jalan Pamekasan atau Jalan Agus Salim.

2. Arus lalu lintas yang dari Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol melalui Jalan HOS Cokroaminoto ditutup dan dialihkan ke Jalan Sumenep ke Latuharhary menuju arah Manggarai.

3. Arus lalu lintas yang dari Jalan Prof Moch Yamin yang menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan menuju arah Jalan Sutan Syahrir.

4. Arus lalu lintas yang dari Jalan Diponegoro menuju Jalan Imam Bonjol ditutup dialihkan dan diputarbalikkan atau dialihkan ke Taman Suropati.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Taman Sunda Kelapa yang mau belok kiri ke Jalan Imam Bonjol ditutup dialihkan dengan diluruskan ke Taman Suropati atau belok kanan ke Jalan Diponegoro.

 

3 dari 6 halaman

KPU Tetapkan Jokowi-Ma`ruf Amin Pemenang Pilpres 2019

Dream - Joko Widodo dan Maruf Amin, pasangan Capres-Cawapres 2019-2014 nomor urut 01 ditetapkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Pasangan ini mengantongi 55,50 persen dari surat suara sah yang masuk.

Penetapan itu disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 dini hari tadi, Selasa, 22 Mei 2019 pukul 01.46 WIB.

Komisioner KPU, Evi Novita Ginting, yang membacakan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 melaporkan jumlah suara sah nasional sebanyak 154.257.601 suara.

" Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional," ujarnya.

Sementara pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dilaporkan memperoleh 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.

Dari pantauan Liputan6.com hasil rekapitulasi akhir KPU mencatat pasangan calon nomor urut 01 unggul di 21 provinsi dan pasangan nomor urut 02 unggul di 13 provinsi.

4 dari 6 halaman

Peta Kantong Suara Jokowi dan Prabowo

Data resmi itu telah disahkan, tertanggal Senin 20 Mei 2019, sekitar pukul 24.00 WIB.

Sebanyak 21 provinsi dimenangkan oleh paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf yakni, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, Gorontalo, dan Papua.

Kemudian, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung, dan Sulawesi Utara.

Sedangkan 13 provinsi sisanya, masih berdasar hasil rekapitulasi akhir KPU, diketahui dimenangkan oleh paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga. (Sah, Sumber: Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

5 dari 6 halaman

Imigrasi: Prabowo Terbang ke Brunei Darussalam

Dream - Viral beredar foto Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto ke luar negeri. Dikabarkan, Prabowo tengah pergi ke Brunei Darussalam.

Kabar tersebut ternyata dibenarkan oleh pihak Imigrasi. Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Sam Fernando, menyatakan pihaknya memiliki data kepergian Prabowo ke Brunei.

" Berdasarkan informasi yang beredar Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei kemarin," ujar Sam, dikutip dari Liputan6.com.

Menurut Sam, Prabowo menuju Brunei menggunakan pesawat pribadi kode 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. Data manifes menunjukkan terdapat 12 nama lain yang terbang bareng Prabowo.

" Arrived pada hari dan tanggal yang sama jam 20.12," kata Sam.

6 dari 6 halaman

Sempat Dibantah BPN

Kabar ini sebelumnya sempat dibantah oleh Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dia menyebut foto Prabowo di Bandara Brunei Darussalam merupakan gambar lama.

Selanjutnya, Dahnil mengatakan pada Jumat pagi hingga malam, 17 Mei 2019, Prabowo ada di kediamannya.

" Siang tadi Pak Prabowo Salat Jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jd adl fitnah apa yang disebar oleh situs penebar hoax seperti seword ini,"  tulis Dahnil di Twitter.

Juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, memberikan keterangan senada. Dia mengatakan Prabowo ada di kediamannya, bukan di Brunei Darussalam.

" Iya, kalau malam tidur di Hambalang. Siang atau sore nyampe di Kertanegara, kalau malam balik lagi," kata Andre.

Lebih lanjut, dia mengatakan Prabowo tidak memiliki rencana ke luar negeri. " Tidak ada," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham