BJ Habibie Wafat, Putra Bungsu: `Jantungnya Berhenti Beraktivitas`

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 11 September 2019 18:45
BJ Habibie Wafat, Putra Bungsu: `Jantungnya Berhenti Beraktivitas`
"Jantungnya sudah berhenti beraktivitas," ujar thareq Kemal Habibie.

Dream - Kabar duka menyelimuti bangsa Indoensia, Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia hari ini, Rabu, 11 September 2019, sekitar pukul 18.03 WIB.

" Saya harus menyampaikan ini, bahwa ayah saya, Presiden ke-3 RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar Putra bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.

Thareq menjelaskan, salah satu penyebab " Bapak Teknologi Indonesia" itu berpulang yakni karena penyakit jantung yang diidapnya.

" Jantungnya sudah berhenti beraktivitas," ungkapnya. 

Menurut Thraeq, kondisi sang ayah memang terus menurun karena usianya yang sudah sepuh. Namun, Habibie masih tetap menjalani aktivitas yang sangat banyak.

" Meninggal karena sudah menua, kemarin kan saya katakan gagal jantung karena penuaan," ujarnya

Thareq yang mendampingi sang ayah jelang akhir hidupnya menceritakan jika organ-organ dalam tubuh Sang Presiden melemah dan menjadi tidak kuat lagi.

" Pukul 18.05 jantungnya dengan sendirinya menyerah sampai titik akhir," kata dia.(Sah)

 

1 dari 5 halaman

Melanie Subobo: Sampai Jumpa Eyang

Dream - Melanie Subono, putri Andrie Subono, membagikan kabar duka meninggalnya presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

"Eyang, sampai jumpa di keabadian. Senang dah bisa ngelepas kangen sama eyang puteri, bisa berdua-duaan lagi. Kita di sini ikhlas asal eyang bahagia. Selamat jalan," tulis Melanie, di Instagram pribadinya @melaniesubono, Rabu, 11 September 2019.

      View this post on Instagram

Eyang ... SAMPAI JUMPA DI KEABADIAN ... Senangnya dah bisa ngelepas kangen sala eyang puteri, bisa berdua dua an lagi... Kita disini ikhlas asal eyang bahagia —- SELAMAT JALAN —- - Terimakasih sudah membuat Indonesia jauh lebih baik, terimakasih sudah mengajarkan saya jadi PEJUANG , kalo bahasa eyang “PEMBERONTAK” - Love you - #melaniesubono #Katamel #diarymel #malaikatbrengsek #generasipenerusbangsat

A post shared by Melanie Subono (@melaniesubono) on

Dalam unggahan itu, Melanie juga menuliskan ucapan terima kasih untuk Habibie.

"Terima kasih sudah membuat Indonesia jauh lebih baik, terima kasih sudah mengajarkan saya jadi pejuang, kalau bahasa eyang `pemberontak`," tulis dia.

 

2 dari 5 halaman

Semua Keluarga Berkumpul, Ponakan Habibie: Mohon Doa

Dream - Ponakan Presiden Ketiga Bacharudin Jusuf Habibie, Rusli Habibie, mengatakan saat ini seluruh keluarga telah berkumpul di ruang perawatan intensif (ICU) RSPAD Gatot Subroto. Bahkan dua putra Habibie, Ilham dan Thareq juga berada di ruang yang sama.

" Kami semua sudah berkumpul, seluruh anak sudah dipanggil, sudah di tempat, kakak adik Mas Ilham Mas Thareq, ponakan dan cucu sudah dikumpulkan, keluarga dekat," ujar Rusli di RSPAD, dikutip dari 

Rusli memohon doa kepada seluruh rakyat Indonesia untuk sang paman. Saat ini, Habibie masih menjalani perawatan intensif.

" Minta doanya semua, zikir," kata pria yang menjabat sebagai Gubernur Gorontalo tersebut.

Sebelumnya, pada pukul 15.40 WIB, Thareq terlihat tiba di RSPAD. Turun dari mobil, dia bergegas menuju ruang perawatan sang ayah.

Thareq pun enggan memberikan keterangan mengenai kondisi sang ayah. Dia segera masuk ke ruang perawatan.

Sumber: 

3 dari 5 halaman

Dijenguk Quraish dan Najwa Shihab, Air Mata Habibie Menetes

Dream - Mantan Menteri Agama, Quraish Shihab, membesuk Baharuddin Jusuf Habibie yang tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jakarta. Tak sendiri, dia ditemani sang putri, Najwa Shihab.

Menurut Quraish Shihab, Presiden ke-3 Indonesia itu sudah merespons saat diajak berbicara. " Responsnya melihat, bibir, boleh jadi mencucurkan air mata," ujar Quraish Rabu 11 September 2019.

Quraish mendoakan kesembuhan Habibe. Dia berharap agar Habibie segera pulih. " Saya masuk ke kamar, mememegang tangan Pak Habibie, di kepalanya saya berbicara. Jadi yang penting kita tidak putus harapan."

" Kita berdoa mudah-mudahan Tuhan memberikan yang terbaik," tambah Quraish Shihab.

Habibie dirawat di rumah sakit sejak 1 September 2019. Putra bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengatakan, ayahnya dibawa ke rumah sakit karena kelelahan setelah melakukan aktivitas yang padat.

Thareq membantah kalau Habibie kritis selama dirawat sejak 1 September 2019. Pihak keluarga sengaja membawa Habibie ke rumah sakit agar bisa istirahat dengan tenang.

4 dari 5 halaman

Cerita BJ Habibie Marah ke Cucu Gara-gara Gim

Dream - Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie membagi kekesalannya ke para cucu yang terlalu banyak bermain gim.

Pesan itu disampaikan Habibie saat di acara Mata Najwa berjudul Eyang Habibie Menjawab Soal Kids Jaman Now yang diunggah di Youtube, 22 Desember 2017.

" Saya paling marah sama cucu saya kalau seharian main iPad Pro-nya, Tidak belajar, tetapi main games dan sebagainya," kata Habibie, diakses Rabu, 11 September 2019.

Habibie mengatakan, bermain gim menghabiskan uang dan waktu. Dia menyayangkan sikap orang yang menghabiskan porsi besar dalam sehari untuk bermain gim.

Kepada para cucunya, Habibie mengatakan, tidak masalah seseorang bermain iPad Pro. " Tapi jangan games dong," ucap dia.

Sebab, kata dia, kehidupan itu bukan suatu gambling, perjudian, itu berkat kerja keras.

" Saya tidak pernah menang dalam satu perjudian. I've work very hard. Habiskan waktu dengan baca sesuatu yang ingin tekuni dan tertarik," ujar dia.

Selain itu, Habibie juga berpesan agar `Kids Zaman Now` yaitu selalu unggul di bidangnya masing-masing dan mampu bekerja keras.

" Harus berusaha agar unggul dalam bidangnya masing-masing dan harus bisa bekerja sama dalam satu tim (teamwork). Itu memperjuangkan kepentingan bersama dan dalam tim itu harus transparan," ucap dia.

5 dari 5 halaman

Ini Sakit yang Diderita BJ Habibie, Pembesuk Dibatasi

Dream - Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie sejak 1 September 2019 menjalani perawatan di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat karena mengalami kelelahan.

Putra bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie mengatakan, pihak keluarga sengaja memasukkan Habibie ke ruang CICU agar bisa beristirahat dengan baik tanpa ada gangguan.

" Bapak saya memang dari semenjak muda punya masalah dengan jantung. Otomatis karena menua, jantungnya sangat melemah. Dengan dikasih aktivitas tinggi tidak dikasih istirahat, badan memberontak," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, kemarin. 

Thareq menuturkan, saat dibawa ke rumah sakit, BJ Habibie mengalami kelelahan dan merasa letih. Ini karena kondisi jantungnya sudah tidak berfungsi secara maksimal.

" Karena menua, memang akhirnya nggak bisa renang kayak dulu lagi. Walaupun jantungnya dulu jantung sport, tapi sekarang adalah proses alamiah bahwa semua hal, semua organ di badan melemah sesuai umur," kata dia.

Untuk itu, dia meminta kepada semua pihak untuk tidak memaksa untuk menjenguk Habibie.

Apabila sudah diizinkan pulang, pihak keluarga nantinya juga akan membatasi orang-orang yang akan menjenguk Habibie di kediamannya di daerah Patra, Kuningan, Jakarta Selatan.

" Ya memang berikutnya di rumah di Kuningan harus dibatasi siapa yang menjenguk," kata dia.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya