Relawan Covid-19 Terbanyak di DKI Jakarta dan Jawa Barat

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 8 April 2020 07:02
Relawan Covid-19 Terbanyak di DKI Jakarta dan Jawa Barat
Hingga Senin, 6 April 2020 mencapai 17.616.

Dream - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jakarta  menyebutkan jumlah relawan yang mendaftar per Senin, 6 April 2020 pukul 17.00 WIB mencapai 17.616 orang dengan pendaftar terbanyak berasal dari DKI Jakarta dan Jawa Barat.

" Dari jumlah itu, 3.326 merupakan relawan medis, sementara 14.290 lainnya merupakan relawan non-medis," kata Ketua Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Andre Rahadian, Selasa, 7 April 2020.

Di samping DKI Jakarta dan Jawa Barat, para relawan juga ada yang berasal dari Pulau Sumatera dan Pulau Sulawesi, serta daerah lain di Indonesia. Andre mengatakan, dia tidak menyebutkan jumlah detail para relawan dari masing-masing provinsi. 

Dalam kesempatan itu, Andre menerangkan relawan medis telah ditempatkan di sejumlah fasilitas kesehatan prioritas, salah satunya Rumah Sakit Darurat COVID-19 di Wisma Atlet, Jakarta.

" Prioritas relawan medis ditempatkan di RS Wisma Atlet, RS Bintaro, RS khusus COVID-19 di Pulau Galang, dan RS lapangan di Jakarta," kata dia. 

1 dari 5 halaman

Cara Mendaftar Relawan Penanggulangan Covid-19

Sementara itu, Koordinator Komunikasi Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19, Joannes Joko, menjelaskan jumlah relawan kemungkinan mencapai kurang lebih 30.000 orang.

" Dari Kementerian Pendidikan (dan Kebudayaan) ada sekitar 15.000, belum lagi ada dari BUMN, jumlahnya kurang lebih ada 30.000," kata Joko. 

Pihak Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 saat ini akan menyatukan seluruh data relawan sehingga informasinya jadi terpusat pada satu pintu. Penyatuan data relawan, menurut dia, penting dilakukan agar penyaluran sumber daya dapat efektif dan tepat sasaran. 

Meski begitu, Andre dan Joko berpendapat seluruh masyarakat dapat berperan sebagai relawan membantu kelompok rentan dan yang membutuhkan pertolongan selama pandemi di lingkungan masing-masing.

Sejauh ini, pihak relawan telah membantu pemerintah menyalurkan makanan, minuman, vitamin, dan suplemen lainnya ke para tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan serta pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di DKI Jakarta. 

Masyarakat yang ingin turut serta bergabung sebagai relawan atau membutuhkan bantuan dapat menghubungi Desk Relawan Gugus Tugas melalui surat elektronik center@relawangugascovid19.com atau telepon +628170774419.

2 dari 5 halaman

Kementerian BUMN Butuh Relawan Lawan Corona, `Jomblo` Diutamakan

Dream - Menghadapi wabah virus corona baru, Covid-19 yang telah menginfeksi 309 orang di Indonesia, tak ada cara lain selain seluruh elemen masyarakat bahu-membahu mengurangi penyebarannya. Setiap tindakan kecil sangat berarti untuk membasmi virus yang satu ini. 

Upaya ini sedang digagas Kementerian BUMN yang tengah mencari sejumlah relawan yang akan bergerak di bidang medis dan non medis.

" Kementerian BUMN mengajak putra putri bangsa untuk menjadi volunteer gugus tugas dalam mewaspadai dan antisipasi Covid-19," tulis Kementerian BUMN dikutip dari selebara yang diterima Dream, Jumat 20 Maret 2020.

Nantinya relawan ini akan membantu di bidang logistik dan operasional untuk menyiapkan second line jika rumah sakit rujukan sudah melebihi kapasitas.

3 dari 5 halaman

Dapat Apa Saja?

Nantinya, para volunteer akan diberikan pelatihan dan pembekalan keselamatan kerja Covid-19 dari Indonesia Health Corporation.

Untuk menjalankan aksinya, para relawan dipastikan akan dilengkapi denngan alat pelindung diri (APD) yang memadai.

Para sukarelawan juga akan diberikan biaya kesehatan selama bertugas. Plus, apresasi dari pemerintah berupa piagam pengabdian masyarakat.

4 dari 5 halaman

Tertarik?

Berikut ini adalah kriteria volunteer medis dan nonmedis yang disodorkan Kementerian BUMN.

1. Berusia maksimal 36 tahun dan diutamakan belum berkeluarga.

2. Dinyatakan sehat dengan surat keterangan rumah sakit/dokter.

3. Tidak merokok dan sejenisnya.

4. Siap untuk berkomitmen dan bertanggung jawab disertai dengan surat izin dari keluarga (wali/pasangan)

5. Berdomisili Jabodetabek

5 dari 5 halaman

Cara Pendaftaran

Sahabat Dream yang ingin bergabung dalam volunter penanggulangan Covid-19 bisa mendaftarkan diri ke http://tiny.cc/Volunteer_COVID19.

Pendaftaran volunter dibuka mulai Kamis 19 Maret 2020 dan ditutup pada Jumat (20/3) pukul 24.00 WIB.

 Lowongan rekrutmen relawan corona.© Kementerian BUMN

Kementerian BUMN dan FHCI akan mengumumkan hasil seleksi volunter dan tes Covid-19 bagi volunter terpilih pada Sabtu Para volunter terpilih akan mendapat pengarahan dan pelatihan pada Minggu, 22 Maret 2020 dan mulai bekerja pada Senin, 23 Maret 2020.

Kementerian BUMN menetapkan sejumlah protokol volunter penanggulangan Covid-19 dengan pemberian pelatihan dan pembekalan keselamatan kerja Covid-19 dari Indonesia Healthcare Corporation (IHC), perlengkapan alat pelindung diri (APD), serta jaminan biaya kesehatan selama menjadi volunter. Bagi volunter yang telah terdaftar nantinya akan dihubungi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

Beri Komentar